OMBAK SELAT BALI MENGAMUK MUATAN KMP PRATHITA TERGULING

OMBAK SELAT BALI MENGAMUK MUATAN KMP PRATHITA TERGULING

Gempur News Com Banyuwangi
Angin kencang dan tingginya ombak selat bali menyebabkan KMP Prathita terombang-ambing dan mengakibatkan muatan di dalam kapal terguling. KMP Prathita IV kemarin kamis (1/06) berangkat dari pelabuhan Ketapang sekitar pukul 10.20 wib menuju pelabuhan Gilimanuk. Naas ketika kapal berjalan melewati selat Bali, ombak yang besar dan tinggi disertai angin kencang mengakibatkan kapal terombang ambing sehingga isi muatan kapal terguling, beruntung tidak ada korban jiwa.

Berikut kronologi peristiwa tergulingnya muatan di dalam KMP Prathita IV.

KMP. Prathita berangkat dari Pelabuhan Ketapang menuju ke Pelabuhan Gilimanuk Pada hari Kamis 1 Juni 2017, pada jam 10.20 WIB dengan muatan :
-Sepeda motor : 12 unit
-sedan sejenis : 1 unit
-Truk sedang : 4 unit
-Truk Besar : 2 unit
-Truk Tronton : 1 unit

Pada jam 10.40 Wib KMP. Prathita mengalami trouble pada kemudi kiri. Kemudi dalam posisi cikar kiri tidak bisa kembali ke posisi normal. Pada saat itu angin bertiup kencang dari arah tenggara, ombak besar, dan arus kuat mengarah keselatan, sehingga kapal terhempas ombak dari lambung kanan dan terombang-ambing sekitar 15 menit yang mengakibatkan muatan terguling dan rusak. Berikut daftar muatan yang terguling dan rusak antara lain:
– Sepeda motor : 1 unit
– Sedan sejenis : 1 unit
– Truk sedang : 3 unit
– Truk Tronton : 1 unit

Pada jam 10.55 WIB kemudi kiri KMP. Prathita normal kembali. Kapal pada posisi melintang utara suar bouy kuning kecil Gilimanuk.

Pada Jam 11.15 WIB kapal sandar MB I Pelabuhan Gilimanuk.

Pada jam 10.55 WIB kemudi kiri normal kembali pada posisi melintang utara bouy kuning kecil Gilimanuk.

Pada Jam 11.15 WIB kapal sandar MB I Pelabuhan Gilimanuk.

Dikarenakan tidak ada alat evakuasi di Pelabuhan Gilimanuk sehingga Pada pukul 17.00 WIB KMP. Prathita di berangkatkan dari Pelabuhan Gilimanuk ke Dermaga belakang Hotel Banyuwangi Beach . Pihak OPP telah berkoordinasi dgn Pihak Syahbandar untuk mengijinkan KMP. PRT berangkat ke ketapang dalam kondisi muatan yang masih terguling di dalam kapal untuk di evakuasi di Dermaga belakang Hotel Banyuwangi Beach.

Pukul 18.00 WIB KMP. Prathita berhasil sandar di Dermaga belakang Hotel Banyuwangi Beach untuk proses evakuasi.(Sigit)


Related Articles

Toilet Portable untuk Wedusan

Probolinggo (1/8) – Berselang dua atau tiga hari yang lalu terpasang bantuan toilet portable dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

Piket Nol Berkabut Jembatan Perak Jadi Tempat Selfi

  LUMAJANG Gempurnews.com – Sejak H-1 hingga H+5 lebaran tahun ini, lokasi Jembatan perak yang membentang diatas sungai Besuk Sat

KAPOLRES MALANG BERSILATURAHMI BERSAMA TIGA PILAR PLUS

Malang Gempur News Com. Dalam rangka menjaga Kamtibmas,antisipasi Intoleransi dan Radikalisme di Kabupaten Malang, AKBP Yade Setiawan Kapolres Malang melaksanakan

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

<