KADES SADENGREJO APRESIASI PROGRAM BANTUAN RASKIN

0
923

Gempur News Com. Pasuruan
Sekitar kurang lebih 440 kepala keluarga warga masyarakat Desa Sadengrejo Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Selasa (06/06) yang masuk kategori rumah tangga berpenghasilan rendah menerima bantuan beras miskin (raskin ). Raskin adalah subsidi pangan dalam bentuk beras yang diperuntukkan bagi rumah tangga berpenghasilan rendah sebagai upaya dari pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan sosial terhadap rumah tangga miskin dan rentan miskin.

Hal ini seperti yang telah disampaikan Kudori Kepala Desa Sadengrejo saat menyaksikan secara langsung pengiriman raskin di kantor desanya. Sekitar 440 KK warga masyarakat Desa Sadengrejo yang termasuk warga berpenghasilan rendah menerima bantuan raskin dari pemerintah, dirinya mengaku raskin langsung disalurkan kepada warga yang berhak menerima, tutur Kudori. Kudori mengatakan bila dirinya mengapresiasi kebijakan pemerintah memberikan bantuan beras untuk warga masyarakatnya melalui program bantuan raskin.

Menurutnya langkah pemerintah ini dinilai sangat tepat untuk membantu masyarakat miskin dari sektor pangan. Kudori bersama beberapa petugas atau kader raskin membagikan beras miskin untuk 440 KK. Didalam pembagian raskin tersebut beberapa petugas dari kantor Desa Sadengrejo langsung melakukan pendistribusian dan mencocokkan data warga penerima. Seluruh pengurusan raskin diserahkan pada petugas atau kader raskin desa. Kades hanya selaku penanggungjawab dan sekaligus sebagai pengawas, pendistribusian dan pembayaran raskin dikelola pihak satuan kerja (satker) raskin desa, ujar Kudori. Kudori berharap melalui program raskin bisa berdampak baik terhadap peningkatan kesejahteraan dan ketahanan pangan bagi keluarga berpenghasilan rendah didesanya. (Hari)