DESA PULOKERTO ADAKAN SELAMATAN DESA DAN PETIK LAUT

0
628

desa-pulokerto-adakan-selamatan-desa-dan-petik-laut1Gempur News Com Pasuruan. Ribuan warga Desa Pulokerto Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan minggu pagi 20/8/17 datang berduyun duyun ke pelabuan rakyat yang bertempat di dusun Kramat desa Pulokerto. Warga tersebut berniat memeriahkan acara petik laut dan selamatan desa.

Acara yang dilaksanakan dari pagi sampai selesai tersebut diisi dengan melarungkan sedakah/sesaji kepala sapi yang bentuk sedemikian rupa untuk dilarungkan ke laut. Menurut hamid salah satu warga ritual ini dimaksudkan agar warga desa Pulokerto khususnya dengan ridho Allah SWT diberikan kesejahteraan dan melimpah hasil laut pasalnya hampir90% warga desa Pulokerto menggantungkan hidupnya dengan mata pencaharian sehari-hari sebagai nelayan.

Sementara itu kepala desa Pulokerto Ainul Yaqin SH mengatakan ini adalah adat istiadat dan budaya kearifan lokal desa Pulokerto yang tetap di pertahankan dan dilestarikan oleh warga desa disini. Ia juga menambahkan bahwa keinginannya menjadikan tradisi acara petik laut dan ritual selamatan di desa Pulokerto ini menjadi barometer kegiatan budaya dan wisata di jawa timur bahkan nasional.

Acara semakin meriah dan lebih menarik perhatian masyarakat karena di adakan lomba balap perahu di tengah laut.

Reporter : Syamsul