Prajurit Lantamal V Donorkan Darah di Dies Natalis STTAL 2018

0
385

Gempur News – Indonesia – TNI AL -LANTAMAL V. KABAR TNI. Puluhan prajurit Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal V) turut aksi sosial dengan mendonorkan darahnya di peringatan Dies Natalis STTAL tahun 2018 yang digelar di gedung Marore STTAL, Bumimoro, Surabaya, Selasa (27/2/2018). Aksi sosial dalam rangka Dies Natalis ke-52 STTAL tahun 2018 tersebut, ditujukan untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Acara tersebut merupakan kerjasama segenap Civitas akademika STTAL dengan Palang Merah Indonesia cabang Surabaya untuk melaksanakan aksi peduli sesama dengan melaksanakan donor darah.

Komandan STTAL Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut) Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari beserta ibu dan pejabat lainnya dijajaran STTAL turut juga menyumbangkan darahnya.
Dalam aksi donor kali ini, pihak panitia telah menerima laporan bahwa ada sekitar 500 orang pendonor yang siap menyumbangkan darahnya. Para pendonor tersebut merupakan perwakilan dari masing-masing kotama yang ada diwilayah Surabaya.

Asisten Personel Komandan Lantamal V Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S. Pd., M.A.P., ditempat terpisah menyatakan bahwa untuk donor darah ini, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya mengirimkan 100 personelnya untuk membantu sesama.
“Donor darah ini merupakan misi kemanusian untuk membantu sesama,”. Selain itu, pihaknya akan terus berpartisipasi dengan mengirimkan anggotanya dalam setiap kegiatan sosial yang diadakan di satuan satuan TNI/Instansi lain yang menggelar acara serupa.

“Kegiatan donor darah merupakan wujud dari kepedulian kita untuk membantu sesama. Kalau bukan kita, siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi,” ujarnya.

Sedangkan Komandan STTAL ketika ditemui sesaat setelah menyumbangkan darahnya mengatakan “acara donor darah ini merupakan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis STTAL tahun 2018. Selain berdampak sosial guna menolong sesama, donor darah juga bermanfaat untuk menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh”, ujar Avando, sapaan akrab Dan STTAL ini.
Avando juga menjelaskan bahwa donor darah akan mengurangi faktor resiko serangan jantung, Menurunkan level iron, Menurunkan risiko kanker, Pembaharuan sel-sel darah, Membakar kalori.(Red/Dispen Lantamal V)