LSM Garda Pantura Dalam Waktu Dekat Akan Investigasi Kegiatan Penambangan Ilegal

0
669

Gempurnews.com – Indonesia – Propinsi Jawa-Timur – PASURUAN. Dalam waktu dekat Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) Garda Pantura (Gerakan Pemuda Pemantau Aparatur Negara) akan investigasi tempat – tempat penambangan ilegal yang berada di wilayah Kabupaten Pasuruan, oleh karena kegiatan penambangan ilegal tersebut di nilainya sangat merugikan negara dan masyarakat sekitar yang terdampak penambangan. Hal demikian disampaikan oleh H. Prima selaku Dewan Pembina LSM Garda Pantura saat dikonfirmasi oleh wartawan media ini di sela – sela acara deklarasi.

Lukman Hakim Ketua Umum LSM Garda Pantura yang akrab disapa dengan Gus Lukman mengatakan “Kami siap membangun Negeri tanpa korupsi, Bersinergi dan membantu serta mendorong Aparatur Negara agar bekerja professional, bersih, dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN)”.

Lebih lanjut Gus Lukman menjelaskan terbentuknya LSM Garda Pantura karena adanya dorongan masyarakat yang melihat gejolak birokrasi yang cenderung sentralistik dan kurang peka terhadap kebutuhan masyarakat. Atas dasar tersebut LSM Garda Pantura konsisten memperjuangkan agar sistem seperti itu di tinggalkan dan mengarahkan menjadi birokrasi yang terbuka, transparan, akuntabel, professional dan mampu memberikan pelayanan publik yang baik, papar Gus Lukman.

Baskesbangpol Kota Pasuruan yang dalam hal ini diwakili Kabid Kemasyarakatan Purwati dalam sambutannya mengapresiasi berdirinya LSM Garda Pantura, diharapkan agar kedepan bisa berpartisipasi dan berperan melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan dengan di deklarasikannya LSM Garda Pantura diharapkan bisa memberikan support bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Ia mengajak kepada segenap LSM yang berada di wilayah Kabupaten Pasuruan untuk bersama – sama mengawal terutama Dana Desa (DD) sebesar 84 triliyun tahun 2018.

Setelah deklarasi, LSM Garda Pantura agar menjadi abdi masyarakat dan betul – betul berkiprah di masyarakat, mari di kawal secara bersama pelaksanaan program – program yang ada di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Perlu diketahui bahwa pada tanggal 29 April 2018 telah di laksanakan deklarasi LSM Garda Pantura di Gedung/Aula Hotel Semeru Park Kota Pasuruan. Dimana lembaga tersebut menjadi wadah dari kelompok masyarakat yang berperan aktif untuk menjadi sosial kontrol aparatur negara.

Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Baskesbangpol Kota Pasuruan Baskesbangpol Kabupaten Pasuruan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas dan Kabid Kemasyarakatan,GP Ansor, Banser, budayawan, para ketua LSM sewilayah Kabupaten/Kota Pasuruan dan wartawan.(Har)