Banyaknya Ikan Mabuk Gegerkan Warga Kebondalem Kec.Bangorejo

0
577

Banyuwangi. Banyak ikan mabuk di sungai sempat mengejutkan warga Kebondalem kec.Bangorejo Kab.Banyuwangi. Pasalnya tiba – tiba banyak ditemukan ikan kelenger bahkan sebagian melompat – lompat seakan tidak tahan pada sirklus air. Beberapa warga yang berada disekitar sungai sempat panik hingga menggegerkan warga lain dan berhamburan melihat fenomena langkah ini.

Sungai yang mengaliri desa kebondalem keselatan ini sendiri, merupan sumber kehidupan warga, banyak warga yang masih bergantung hidup pada aliran sungai seperti untuk kebutuhan memasak, mencuci bahkan adapula yang mandi. Terlebih pada saat musim kemarau ini. Ketika sumur – sumur warga kering, hampir seluruh warga sekitar aliran singai bergantung hidup pada sungai itu sendiri.

Belum jelas apa penyebabnya. warga hanya menduga fenomena ini hanya disebabkan satu faktor. yaitu pembungan limbah produksi. sampai berita ini di tulis belum ada pihak terkait yang berani memberikan kesimpulan pasti. Kepala desa setempat hanya menghimbau agar warga lebih berhati – hati ketika menggunakan air sungai untuk aktifitas rumah tangga utamanya berkaitan dengan konsumsi.

Untuk mencari keterangan lebih lanjut penyebab fenomena ini pihak desa akan terus mencoba melakukan kajian dengan pihak – pihak terkait, terutama dinas pengairan sendiri. dan akan memberikan sangsi tegas apabila benar adanya dugaan pencmaran limbah pabrik. (Yon/seagate)