Kantor Perwakilan BI Malang Siapkan Uang Pecahan Untuk Periode Ramadhan 2019

0
482

 

Malang Gempurnews.com –
Menjelang datangnya Hari Raya Idhul Fitri, salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang sulit dihilangkan yaitu selalu mencari dan menukarkan uang baru, bahkan sampai rela antre berjam jam untuk mendapatkannya. Upaya memenuhi kebutuhan itu jelang Periode Ramadhan 2019, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang Siapkan Uang kartal senilai Rp 4,7 Triliun.

Diperkirakan, transaksi dan kebutuhan uang kartal masyarakat relatif lebih besar dibandingkan bulan biasa. Hal tersebut diungkapkan Kepala KPwBI Malang, Azka Subkhan

Jumlah tersebut merupakan nominal yang diperhitungkan melalui estimasi kenaikan jumlah permintaan kebutuhan uang pada periode Ramadan/Idul Fitri. Yakni, sekitar 20 persen lebih tinggi dari periode tahun 2018 dengan nilai Rp 3,9 triliun. “Uang kartal senilai Rp 4,7 Triliun ini sebagai upaya mendukung kesiapan perbankan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat untuk uang pecahan tersebut,” kata Azka, Kamis (2/5/2019).

BI Malang akan bekerja sama dengan bank-bank umum dan BPR, melakukan layanan penukaran uang pecahan kecil di pusat keramaian maupun di kantor bank yang telah bekerja sama dengan BI.

“Dana tersebut dipersiapkan baik untuk penarikan secara tunai melalui kantor layanan maupun mesin ATM masing-masing perbankan,” tutur Azka.

Selain itu, sepanjang Ramadan juga akan diintensifkan melalui pelayanan kas keliling kepada masyarakat.

Mengawali pembukaan kegiatan pelayanan penukaran uang tersebut, BI Malang berencana melakukan pelepasan mobil kas keliling pada 26 Mei 2019 mendatang di lapangan parkir kantor BI Malang.

“Juga ada lokasi kas mobil perbankan untuk penukaran bersama, khususnya kepada masyarakat di Kota Malang. Titiknya dilaksanakan di Gedung Kartini, Jalan Tangkuban Perahu setiap pagi pukul 08.00 WIB hingga selesai dan dilayani oleh enam bank umum,” tandas Azka. (red)