Kebugaran Kunci Utama Menjalankan Tugas Satuan Teritorial

0
306

Kodim 0820/Probolinggo memiliki dua puluh enam Koramil dengan intensitas kegiatan baik Danramil maupun para Babinsa adalah hampir seluruhnya merupakan kegiatan kewilayahan. Dalam penerapan kepemimpinan lapangan, tuntutan Babinsa dengan mobilitas tinggi maka harus diimbangi dengan unsur pimpinannya yang sama dalam mengikuti pergerakan dinamika masyarakat.

Untuk mengukur bahwa para Danramil yang dijabat oleh Perwira Pertama berpangkat Kapten ini memiliki mobilitas yang tinggi adalah tingkat kebugaran yang memadai. “Ada tolak ukur untuk menghitung kebugaran yang disesuaikan dengan usia”, ucap Pasi Pers Kapten Inf Subei Sugino. Untuk mengetahui kebugaran tersebut maka dilaksanakan tes yang dalam kemiliteran Angkatan Darat menyebutnya Kesemaptaan ditambah dengan kemampuan renang.

Untuk menguji para Perwira dijajaran Kodim 0820/Probolinggo maka dilaksanakan tes kesemaptaan di Lapangan Rampal Malang. “Agar lebih fair lagi dan obyektif”, tegas Kapten Inf Subei. Itulah yang terjadi dan diatur dalam dua gelombang dan terakhir baru saja selesai dengan jumlah perwira tujuh belas orang, Sabtu (04/05).

Alhamdulillah ternyata semuanya dapat memenuhi batasan diatas batas minim yang telah ditetapkan. Sehingga, kepemimpinan lapangan para Danramil menjadi tuntutan dengan kreasinya dan mengikuti setiap gerak dinamika kegiatan pemerintahan dan masyarakat. Sehingga, bugar fisik maka akan berbanding lurus dengan kesehatan dan setiap saat akan selalu siap menjadi “insan Praja Raksaka”, Prajurit yang mengayomi masyarakat.
(Cakra/anis)