LSM Kobra Himbau, Perhatikan Kaum Fakir dan Tuna Wisma

Banyuwangi, Gempurnews.com – Ketua LSM Kobra DPC Banyuwangi Daud Djoni WD menduga ada pembiaran oleh Pemerintah terhadap masyarakat miskin yang tidurnya di pinggiran jalan (Tuna Wisma)

Seharusnya Dinsos, Pemerintah Kecamatan, kelurahan dan desa lebih aktif dalam mendata warganya.

Djoni mengatakan masih banyak masyarakat fakir miskin penyandang Disabilitas (cacat fisik, tuna rungu, tuna wicara) yang belum mendapat bantuan untuk menyambung kehidupan setiap harinya.

Adalah Yanto Warga tuna wicara yang di ketahui hidupnya di Karangrejo, Banyuwangi, ketika di temui tim Lsm Kobra, Senin (13/5/2019), Yanto hanya bisa menunjukankan namanya yang tertulis di sandara kursi rodanya.

“Saya mengerti apa yang dimaksud yanto, seharusnya pemerintah memberi hidup layak kepada orang tersebut, karena ia datang keacara festival Romadhan hanya untuk mencari sedekah dan sesuap nasi”, ujar Djoni.

Dikatakan Djoni
Semestinya penanganan fakir miskin yang dilakukan oleh Pemerintah pusat dan Pemerintah daerah adalah turunan dari Pasal 34 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) yang berbunyi :
Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh Negara.

Merupakan tanggung jawab Pemerintah pusat dan Pemerintah daerah untuk memastikan bahwa fakir miskin mendapatkan haknya, salah satunya adalah memperoleh Pelayanan Perumahan yang layak dan sehat.

Apabila hak tersebut tidak terpenuhi, artinya amanat dari UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin belum dijalankan dengan semestinya.

“Saya menghimbau pada Pemeritah Daerah Banyuwangi, Bupati Abdullah Azwar Anas bersama jajarannya mulai Dinas Sosial bersama Camat dan Desa/ Kelurahan untuk segera melakukan pendataan warganya yang kurang mampu atau miskin demi kehidupan keluarga sehari-harinya, utamakan kepentingan rakyat yang sangat membutuhkannya ” Pungkas Djoni Sambil menyodorkan makanan kepada Yanto (Idrs)


No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

<