Pelibatan Babinsa Blado Wetan Sebagai Sinergitas Antar Instansi dalam Pola Pembangunan Desa

Pelibatan Babinsa Blado Wetan Sebagai Sinergitas Antar Instansi dalam Pola Pembangunan Desa

 

Pola pembangunan yang selama ini berjalan hingga tingkat desa memunculkan permasalahan bagaimana mengefektifkan pola pengerjaannya berikut pengawasannya. Khusus dalam pengawasan pengerjaan dalam pembangunan yang dilaksanakan di desa telah disusun dan disosialisaasikan bersama antara pemerintah daerah berikut kepolisian dan Kodim 0820/Probolinggo. Salah satunya adalah pola pengawasan pembangunan desa adalah turut turun melihat langsung pengerjaan dengan melibatkan aparat pemerintahan daerah, Babinkamtibmas dan Babinsa.

Seperti yang terjadi kemarin sore yang dilaksanakan oleh Pelda Eko Supriyono Babinsa Desa. Blado Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo, Rabu(22/05) bersama unsur lainnya dalam monitoring dan evaluasi pembangunan yang menggunakan ADD dalam pengerjaan irigasi, tembok penahan tanah (plengsengan), “dekker”/gorong-gorong dan dua unit rumah bagi masyarakat tidak mampu.

“Untuk irigasi sudah selesai 100 persen juga sebagian besar sudah tuntas dikerjakan”, ucap Pelda Eko. Pengerjaan irigasi panjangnya 81 meter dengan lebar 60 cm dan kedalaman 60 cm. Pengerjaannya di Dusun Sukun RT 05 RW 02 Desa Blado Wetan, terangnya. Pengerjaan semua pembangunan ini terfokus di Dusun Sukun dengan alamat yang sama kecuali satu rumah bagi warga yang tidak mampu berada di Dusun Darung RT 09 RW 02 dalam desa yang sama.

Rumah di Dusun Darung RT 09 RW 02 sudah selesai pula 100 persen. Rumah itu kepemilikan Bapak Buhari Ramona. Namun hutang yang harus diselesaikan oleh pemerintah desa hanya tinggal pembangunan rumah yang kondisinya masih 90 persen. Rumah tersebut kepemilikan Ibu Su’adah di Dusun Sukun RT 05 RW 02. Semoga pengerjaan ini bisa tuntas dengan baik dan diharapkan tepat waktu.

Harapannya bahwa pembangunan desa dengan pola pengawasan dan evaluasi sepertinya ini bisa terus ditingkatkan berkaitan dengan percepatan pembangunan dan efektivitas serta efisiensi pengerjaan. Pola pembangunan bagi masyarakat bisa dipercepat sehingga pola pembinaan masyarakat bagi para Babinsa akan lebih efektif pula karena semuanya berawal dari tingkat kesejahteraan.
(Cakra/bds)

Koramil 12/Kraksaan : Berlomba-lomba Berbuat Kebaikan

BERBAGI BERKAH LSM LIRA BERSAMA JARANAN TENGGER


No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*