Kedua Kalinya Barut Kembali Pertahankan Gelar Di Juara Umum FBIM

Kedua Kalinya Barut Kembali Pertahankan Gelar Di Juara Umum FBIM

 

Barito Utara.Gempurnews-Memasuki usia ke-69 Kabupaten Barito Utara pada tanggal 29 Juni mendatang, berbagai prestasi telah berhasil ditorehkan sebagai Kado Istimewa. Sebelumnya Kabupaten Barito Utra telah mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kelima kalinya dari BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah. Kali ini pada gelaran Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), Kontingen Barito Utra berhasil mempertahankan juara umum untuk kedua kalinya.

Pada acara pembukaan FBIM, Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah menyerahkan Piala Bergilir kepada Gubernur Kalimantan Tengah, pada acara penutupan, piala tersebut kembali ke Kabupaten Barito Utara.  FBIM yang merupakan rangkaian Hari Jadi ke-62 Provinsi Kalimantan Tengah secara resmi telah berakhir dengan ditandai pemukulan gendang oleh Wakil Gubernur  Kalimantan Tengah, Habib Ismail pada Acara Penutupan FBIM di Bundaran Besar Palangka Raya,sabtu 22 juni 2019.

Kontingen Barito Utara meraih juara umum setelah mengungguli utusan 13 kabupaten kota se-Kalimantan Tengah. Adapun raihan yang diperoleh kontingen Barito Utara yakni 8 juara I pada Lomba Maneweng Manetek Kayu, Lagu Daerah Putra, Lagu Daerah Putri,  Mayipet Putri, Dayung Putri, Dayung Putra, Besei Kambe Putri, dan Hambayang/Bagasing, 1 Juara II pada Lomba Balogo Putra dan 2 Juara III pada Lomba Tari Pesisir dan Besei Kambe Putra serta 2 Juara Harapan I pada Lomba Mangenta dan Balogo Putri. Pada FBIM ini Juara II diraih oleh Kontingen Kota Palangka Raya dan Juara III diraih oleh Kontingen Barito Selatan.

Ketua tim kontingen sekaligus Kadis Budparpora Kabupaten Barito Utara, H. Arbaidi, SE, MIP, mengatakan bahwa Kontingen Barito Utara saat ini mampu memberikan prestasi sebagai juara umum terbaik yang kedua kalinya diajang Festival Budaya Inseng Mulang (FBIM) yang diikuti 14 kabupten kota se-Kalimantan Tengah, mengingat ditahun 2018 lalu Barut juga meraih juara umum diajang yang sama di Kabupaten Kapuas. Ini semua terjadi selain kerja keras dan totalitas peserta Kontingen Barito Utara serta adanya dukungan dan do’a dari seluruh masyarakat Barito Utara sehingga Barito Utara mampu mempertahankan prestasi
Yang gemilang.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah, merasa bangga dan mengapresiasi atas raihan prestasi gemilang Kontingen Barut dalam gelaran FBIM. H. Nadalsyah juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat maupun turut serta memberikan dukungan kepada kontingen Barito Utara, sehingga dapat kembali mempertahankan gelar juara umum untuk yang ke dua kalinya seperti yang diharapkan oleh seluruh warga masyarakat Barito Utara. Ini adalah berkat kerja keras semua pihak, khusunya para kontingen  yang tekun berlatih, ” ungkap H. Nadalsyah. Mempertahankan juara umum adalah sesuatu yang lebih sulit dibanding meraihnya, tantangan yang dihadapi lebih kompleks. Namun, dengan semangat Iya Mulik Bengkang Turan dan kerja keras serta kerja ikhlas, Alhamdulillah kita bisa mempertahankan juara umum,” kata Bupati Barito Utara.

Diharapkan, ajang FBIM sebagai wahana memperkenalkan ragam budaya masyarakat khususnya Barito Utara dan sekaligus promosi destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif yang ada di Barito Utara. Sehingga dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun manca negara.  Selain hal tersebut, FBIM juga menjadi ajang menjalin tali silaturahmi baik antar sesama kontingen maupun antar kontingen.”Mari bersama kita manfaatkan ajang FBIM untuk kemajuan Bumi Isen Mulang dan khususnya Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, sehingga budaya dan tradisi kita lebih dapat dikenal secara luas,” tutup H. Nadalsyah.

Acara Penutupan FBIM dihadiri oleh Unsur FKPD Provinsi Kalimantan Tengah, Bupati Katingan, Pejabat Provinsi Kalimantan Tengah, pejabat kabupaten kota se-Kalimantan tengah, dan undangan lainnya serta ribuan masyarakat. Dari Kabupaten Barito Utara, dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Ir. H. Jainal Abidin, MAP, Wakil Ketua I DPRD, Ir. Hj. Mery Rukaini, M.IP, dan Kepala Bapedda Litbang, Drs. Muhlis … (SS).


Related Articles

BEGINI PENJELASAN HARI SASONGKO TERKAIT PEMBANGUNAN WISATA LEMBAH DILEM

GempurNews. Com – Jawa Timur – Kabupaten Malang Wisata berbasis alam merupakan orientasi Pemerintah Kabupaten Malang yang perlu didukung oleh

PISAH KENAL KEPALA SMA NEGERI 1 SUMBERPUCUNG KABUPATEN MALANG .

Gempur news-malang, Digedung graha SMALOKA sumberpucung. Senin 21 januari 2019 .mulai pukul 09.00 wib terdengar iringan musik lagu dari guru,siswa,dan

Gambar Caleg Dipohon Pinggir Jalan Dicabut

Lumajang Gempurnews.com. Wakil Bupati Lumajang, Hj Indah meminta agar gambar caleg dan iklan lain yang menempel pada pohon di sepanjang tepi

No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

<