Sudah Ada Plang Pengumuman Larangan,TKD Tetap Saja Ditanami

Sudah Ada Plang Pengumuman Larangan,TKD Tetap Saja Ditanami

 

JEMBER Gempurnews.com.
PJ Kepala Desa Curahlele, Kec Balung Kab Jember dipusaran masalah. Pasalnya, 5 orang petani yang terlanjur membuat bibit padi untuk ditanam diatas tanah kas desa (TKD), merasa dipermalukan oleh Nurul Aini, PJ yang baru mendapatkan SK pengangkatan ini.

Nurul Aini adalah PNS kecamatan yang ditugaskan mengisi kekosongan jabatan kepala desa Curahlele, menggantikan H Siddiq yang masa jabatannya selesai.

Bermula dari sebelum bertugas di desa, Nurul menjanjikan kepada 5 orang petani untuk menggarap lahan TKD.

“Nurul bilangnya begini, sekarang sampean siapkan bibit padinya dulu, nanti setelah SK sudah di tangan, langsung sampean yang mengarap lahan,” kata Asnawi, salah satu dari 5 orang iti. Namun setelah menjabat, ternyata lahan itu sudah ada yang menyewa.

Akibatnya, mereka malu karena janji yang diucapkan Nurul Aini tak kunjung dipenuhi. Mereka tak terima hingga mengakibatkan kedongkolan berujung tuntutan pengosongan lahan tersebut.

“Saya ndak mau kalau cuma diganti rugi biaya pembuatan benih saja, yang saya minta ya kosongkan lahan desa itu dari segala tanaman diatasnya”, ujar Azis.

Padahal, Sawah TKD seluas 5,5 hektar itu telah dipasang papan bhener bertuliskan, “tanah kas desa” milik negara, harus dikosongkan / tidak ditanami sejak tanggal 2 Mei 2019. Berdasarkan SK Bupati no. 188.45/234/KTUN/2013..

Ironisnya, meskipun penggunaan lahan ini telah dinyatakan habis masa waktunya terhitung tanggal 2 Mei 2019 lalu, namun kenyataannya hingga berita ini ditulis, tanaman padi diatas lahan itu masih tumbuh dengan suburnya.,

Informasi yang didapatkan media ini, sebelumnya sudah berkali pengurus BPD memperingatkan agar tidak menyewakan tanah kas desa (TKD) itu, bahkan sudah menandainya dengan pemasangan plang larangan tidak boleh menanam di atas TKD setempat, namun kenyataannya masih saja disewakan hingga saat ini.

“Ini buktinya”, tukas P Dah menunjukkan kwitansi bertuliskan buat sewa tanah kas desa (TKD). (Tim/red)


No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*