Sukses !! Desa Sumbermujur Ciptakan Rasa Aman Warganya

Sukses !! Desa Sumbermujur Ciptakan Rasa Aman Warganya

 

LUMAJANG Gempurnews.com – Sistem Keamanan Lingkungan Desa Sumber Mujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang meraih juara 2 Lomba Sistem Keamanan Lingkungan se-Jawa Timur di Makodam V Brawijaya. Pelaksanaan ini dalam rangks HUT Bhayangkara ke-73.

Raihan juara 2 dalam lomba kali ini setidaknya membuktikan bahwa keberadaan Satgas Keamanan Desa di Lumajang telah menjadi “Role Model” sistem pencegahan kejahatan secara nasional.

Hal ini dapat diraih oleh sebab desa tersebut berhasil menerapkan konsep Satgas Keamanan Desa yang mampu menekan angka kriminalitas hingga di titik nol dalam beberapa bulan terakhir.

Meskipun Satgas Keamanan Desa (SKD) dinilai masih serumur jagung, namun peranannya merupakan gagasan cemerlang dari Kapolres Lumajang AKBP Dr Muhammad Arsal Sahban, SH SIK MM MH, dan sangat efektif menanggulangi berbagai permasalahan kamtibmas.

Desain Sistem keamanan yang dibuat oleh Desa Sumber Mujur berupa one gate system dengan membangun 3 portal yang mengelilingi desa tersebut terbukti sangat efektif. Pola kerjanya anggota SKD menjaga ketiga portal tersebut, dan setiap orang asing wajib lapor bila memasuki desa sumber mujur, setelah itu akan diantar ke rumah tujuannya. Selain itu ada kegiatan Patroli SKD bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang dilakukan secara rutin.

Anggota Satgas Keamanan Desa (SKD) Sumber Mujur berjumlah 63 orang telah dibekali HT semuanya.

Dalam pernyataannya, Kapolres Lumajang mengatakan penilaian yang dilakukan oleh Tim dari Polda Jawa Timur secara dadakan tak membuat SKD Sumber Mujur kelabakan.

“Penilaian dadakan dari pihak Polda Jawa Timur bukan menjadi masalah bagi SKD tersebut, mengingat sistem keamanan yang diterapkan di desa sumbermujur tidak hanya di tujukan untuk lomba, tapi ril apa adanya seperti itu. Tanpa adanya lomba ini pun, desa ini sudah berhasil menciptakan sistem keamanan yang dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warganya”

“Konsep Satgas Keamanan Desa di Lumajang bisa menjadi Role Model pencegahan kejahatan di Indonesia. Konsep SKD yang saya bangun ini muncul dari teori Community Crime Prevention yaitu sistem pencegahan kejahatan dengan melibatkan partisipasi masyarakat secara Informal. Saat ini jumlah anggota SKD se-Kabupaten Lumajang 5.940 personil yang tersebar di semua RW, serta dilengkapi HT dan seragam sebagai identitas satgas di desanya, “ ujar Arsal.IMG-20190712-WA0052

Kapala Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro, Safi’i mengatakan, “Saya bersyukur SKD kami mendapatkan juara 2 tingkat provinsi Jatim. Sebagai kepala Desa saya ingin membuat maju desa saya sebagai desa wisata. Tapi semua tidak akan tercapai kalau tidak aman. jadi keamanan saya utamakan.”

“Dengan adanya Program Satgas Keamanan Desa yang digagas oleh Kapolres, sangat kami dukung karena benar-benar bisa menciptakan keamanan di desa saya. Semoga dengan semakin amannya desa sumbermujur, akam memajukan pariwisata disini,” ungkap Safi’i.

Perlu diketahui Pariwisata di Daerah Sumber Mujur dan sekitarnya memang saat ini sedang berkembang. Sebut saja hutan bambu yang sudah terkenal, selain itu ada mata air alam yg dijadikan kolam renang, wisata taman bunga berkonsep Jepang ‘you and I Garden’ yang memiliki banyak spot swafoto, serta wisata sawah.

Di desa tetangga juga ada gunung wayang yang memiliki pemandangan dan spot foto yang keren. Semuanya ini memperkuat pariwisata di daerah tersebut. Semua pariwisata tersebut bisa berkembang karena sistem keamanan yang terbangun baik di desa Sumbermujur.*
Reporter : Markasan


No comments

Write a comment
No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*