Sosialisasi Penggunaan Obat Rasional Di Puskesmas Se-Kabupaten Barito Utara

0
463

 

Barito Utara.Gempurnews-Dinas Kesehatan Barito Utara melaksanakan acara sosialisasi penggunaan obat Rasional di Puskesmas Se-Kabupaten Barito Utara,yang telah dilaksanakan dengan narasumber dari Dinkes Provinsi Kalteng,di Aula Bappedalitbang 17 juli 2019.

Ketua Panitia pelaksana sosialisasi Cristiawan Edy C.P,S.Farm,Apt menyampaikan laporannya,bahwa sosialisasi penggunaan Obat Rasional di Puskesmas ini bertujuan untuk memenuhi standar mutu dan meningkatkan pengetahuan,keterampilan dan prilaku tenaga kesehatan dalam menjamin tercapainya penggunaan obat yang Rasional.

Peserta yang hadir dalam acara sosialisasi penggunaan obat Rasional berjumlah 36 orang yang berasal dari pegawai Dinkes,perawat rumah sakit dan pegawai Puskesmas Se-Barito Utara.adapun narasumber penyampaian materi ini oleh Managemen pengelolaan Obat Eka Marethi,S.Si,Apt.Dan pelaporan penggunaan Obat Rasional  secara Online Oleh Neny Nealova,S.Farm, Apt berasal dari Dinkes Provinsi Kalteng.

Disaat pembukaan acara sosialisasi Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara H.Siswandoyo,SKM,M.Kes mengatakan Obat adalah semua bahan tunggal,campuran yang dipergunakan oleh semua mahluk untuk bagian dalam dan luar tubuh guna mencagah,meringankan dan menyembuhkan segala penyakit.

Lebih lanjut dikatakan Siswandoyo,kita mungkin pernah mendengar seorang pasien tiba-tiba menderita shock,setelah diberikan obat karena salah pemberian obat kepada pasiennya.

Untuk itu perlu ada upaya kita mencegah agar tidak terjadi akibat pengguna,pemakaian obat yang tidak sesuai dengan resepnya.Pengunaan obat dikatakan tidak rasional jika,penggunaan antibiotik secara tidak tepat dosis dan indikasinya serta penggunaan injeksi yang berlebihan. “kata Siswandoyo …(SS).