Debit air mengecil keluh warga kuripan hanya di sambut uji coba

0
316

 

Probolinggo . Warga kecamatan kuripan khususnya warga desa kedawung dan warga desa resongo sudah 3 bulan terakhir kekurangan air . Hari ini kamis (8/8) ada rapat lagi di kantor camat sumber yang di hadiri oleh muspika kuripan dan muspika sumber, yang beberapa waktu lalu rapat tersebut sudah dilaksanakan.
Hasil dari rapat adalah uji coba  pembagian air yang akan di mulai hari selasa (13/8) dari sungai kendil yaitu 3 hari untuk wilayah bawah kuripan dan 3 hari untuk warga atas sisa sehari akan di alirkan desa mana yang membutuhkan air.

Hartono warga kedawung adalah ketua hippa dan  tokoh masyarakat yang desanya , ” saya tidak mau mendatangani surat kesepakatan  tersebut karena itu keluar dari aturan perda tentang  irigasi , kalau masalah uji coba monggo kita lihat hasilnya karena saya sudah mengecek langsung debit air yang ada , air mengalir dari atas sampai ke kuripan itu 18 jam baru sampai di desa kami ” ujar geram

Kekeringan ini bukan tidak mendapatkan perhatian dari pihak terkait namun hasilnya masih nihil air belum juga mengalir ke daerah bawah (kuripan ) .

Sodik camat lira kuripan angkat bicara yang mengikuti dari awal  masalah air tersebut  ” setidaknya disini kita menemukan win win solusi jangan sepihak ,saya dari lembaga Lira bukan akan jadi penonton dan diam atas kejadian ini saya akan sandingkan dan merapatkan barisan bersama team lira jika memang sudah tidak ada jalan keluar , saya menunggu hasil uji coba dari kebijakan hari ini” sebut sodik

Camat sumber saniwar mengupayakan agar daerah bawah (kuripan) juga mendapatkan air yang cukup ” namum mau gimana lagi debit air mengecil kita mau menyalahkan siapa ,ini sudah ketetuan dari Allah swt” jelas saniwar saat di temui awak media. (Badrus)