40 Orang Pengungsi Wamena Tiba di Surabaya

0
336

 

SURABAYA Gempurnews.com —-
Dikutip dari Kompas.com , sekitar 40 orang pengungsi korban kerusuhan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, sampai di Surabaya, Minggu (29/9/2019).

Dari Wamena, mereka diangkut menggunakan pesawat Hercules milik Angkatan Udara (AU) sampai ke Semarang.

Dari Semarang, pengungsi yang sebagian besar dari Sampang, Madura itu, diangkut dengan kendaraan bus menuju tempat transit milik Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Pemprov Jatim di Surabaya.

Malam ini, mereka dijadwalkan akan dikembalikan ke kampung halaman masing-masing di Sampang.

Muhannad Qoimuddin, salah satu pengungsi mengaku diangkut pesawat Hercules oleh TNI AU dari Wamene setelah dipindah beberapa kali dari markas Polres, Koramil, hingga Kodim di Wamena sejak Senin (23/9/2019) lalu.

Bapak 2 anak itu tidak sendiri. Dia bersama saudara dan kerabatnya juga ikut mengungsi kembali ke kampung halaman.

“Rumah kos kami dibakar, kami semua berhasil melarikan diri,” terangnya.

Hingga saat ini, menurut dia, masih ada ribuan warga pendatang yang masih menunggu pesawat Hercules untuk dapat keluar dari Wamena.

Pukul 17.30 WIB, para pengungsi dilepas kembali ke Sampang oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dari Asrama Transito Surabaya.

Aksi unjuk rasa siswa di Kota Wamena, Papua, Senin (23/9/2019), berujung rusuh. Polisi mencatat, ada 224 mobil roda 6 dan 4 hangus dibakar massa. Selain itu juga 150 motor, 465 ruko dan 165 rumah juga ikut hangus terbakar.

Selain kerugian materiil, polisi mencatat ada 76 warga mengalami luka dan 33 meninggal dunia. Kericuhan dipicu oleh berita hoaks tentang isu rasis dari sebuah sekolah di Wamena. (**)