Tempe Modot Tandai Pembukaan Festival Mbudhak Tempe

0
329

 

LUMAJANG Gempurnews.com — Tempe Modot sepanjang 5 meter dipotong sebagai tanda dimulainya Festival Mbludhak Tempe yang diselenggarakan di sekitaran Jalan MT. Hariyono, tepatnya di depan Gedung TK Bhayangkari Kelurahan Jogotrunan, Lumajang, Sabtu (12/10/2019).

Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si. yang hadir dalam acara tersebut mengaku senang masyarakat bisa berkreasi dengan potensi yang dimiliki. “Saya senang sekali ketika masyarakat memiliki kreatifitas untuk menggali potensi yang ada,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Wabup juga akan mendukung semua upaya optimalisasi potensi yang itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Disampaikan oleh Lurah Jogotrunan, Atma Teguh Pambudi, S.STP., kegiatan Festival Mbludhak Tempe tahun ini merupakan tahun ketiga. Mbludhak Tempe tersebut diinisiasi oleh para pengerajin tempe sebagai sarana untuk mempromosikan potensi masyarakat Kelurahan Jogotrunan utamanya wilayah Bagusari.

Bagusari dikenal sebagai kampung tempe dengan jumlah pengrajin tempe kurang lebih 56 pengrajin dengan jumlah produksi 800kg-1ton setiap hari.
“Harapannya acara ini untuk memicu, menginovasi produksi olahan tempe,” terang Atma.

Dalam acara Mbludhak Tempe tersebut, selain disajikan berbagai macam olahan tempe, juga ada bazar-bazar kerajinan karya masyarakat Jogotrunan. (hms/red).