Pilgub Kalteng, KPU Gelar Rakor Pembentukan Badan Adhok

0
21

 

BARITO UTARA Gempurnews.com -Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara melaksanakan rapat pertemuan lintas sektoral dengan agenda koordinasi pembentukan badan Adhoc yang mengambil tempat di Rumah Pintar Pemilu Kantor KPU Barito  Utara, Muara Teweh, Rabu (15/1/20).

Rapat pertemuan lintas sektoral tersebut dihadiri Kapolres Barito Utara, AKBP Hendro Dodo Kusuma, SIK beserta anggota, Asisten Pemerintahan dan Administrasi Umum, Sekretariat Daerah Drs. Masdulhaq,M.AP, Plt. Kepala Kesbangpol, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Drs. Hendro Nakalelo, Ketua dan Komisaris KPU, Ketua dan anggota Banwaslu, perwakilan Dinas Pendidikan, Kesehatan, Diskominfosandi dan seluruh camat Teweh Tengah beserta Staf.

Kapolres Barito Utara  AKBP.Dodo Hendro Kusuma,SIK bersama anggota, siap untuk mendukung jalannya rangkaian kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, di Kabupaten Barito Utara, agar situasi aman, tertib dan dinamis di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Dalam kesempatan itu Ketua KPU Malik Muliawan,SH menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah merupakan silaturahmi dalam rangka persiapan program pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020.  Ia mengatakan langkah awal KPU Barito Utara diminta membentuk Badan Adhoc untuk membentuk Panitia  Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak lima orang.

Terkait undangan, Malik menyampaikan mengundang lintas sektoral diantaranya, Polres Barito Utara sebagai pemantau kegiatan dilapangan, Dukcapil berkaitan dengan jumlah pemilih dan Banwaslu sebagai badan yang mengawasi kegiatan. Sedangkan Kesbagpol untuk membantu pengecekkan apakah calon PPK nanti merupakan pengurus atau anggota organisasi politik aktif. Sementara Tim Kesehatan membantu dalam cek kesehatan calon anggota PPK dan Disdik membantu dalam legalisir ijazah, Kominfosandi membantu mensosialisasikan Informasi Kepada publik.

Sedangkan pihak Kecamatan  membantu dalam proses dilapangan baik personil maupun pendukung lainnya, sehingga bisa mendapat kelancaran. KPU juga mengharapkan kekompakan kelompok Kerja (Pokja).

Dikesempatan yang sama Ketua Banwaslu Barito Utara H.Alamsyah SH,MSi, meminta Informasi dan sosialisaai kepada masyarakat bisa secepatnya, disampaikan melalui media cetak atau elektronik agar dapat menjaring sebanyak- banyaknya warga masyarakat untuk menjadi anggota PPK, sehingga mendapat anggota PPK yang mempunyai komitmen dan kemampuan yang baik.

Kadis Kominfosandi M. Iman Topik melalui Kasi Kemitraan Media Publik, Mujiburrahman, siap mendukung dan mensosialisasikan informasi dari KPU melalui media elektronik LPPL Radio Batara 103’5 FM,  portal resmi Barito Utara website www.baritoutarakab.go.id maupun melalui media sosial, seperti facebook dan Instagram yang dikelola oleh Dinas Kominfosandi agar berita cepat, tepat dan bisa diterima publik,” ujar Mujiburrahman. (SS).