Jaga Alam Jaga Kehidupan: Kapolres Tanam Seribu Pohon

0
531

Pasuruan, Gempurnews.com – Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan kembali melakukan kegiatan penanaman bibit pohon untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian alam serta ekosistem diikuti kurang lebih 500 peserta, di laksanakan pada hari minggu, 9 pebruari 2020 bertempat di Yayasan Kaliandra Sejati Dusun Gamo, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Kegiatan Penanaman Seribu Pohon dilokasi Tahura R Soerja di Gunung Arjuna dalam rangka “Jaga Alam, Jaga Kehidupan”.

Dalam kegiatan tersebut juga di hadiri Kapolres Pasuruan Dandim 0819 Pasuruan diwakili oleh Pabung Mayor Inf Suhalid, Wakapolres Kompol Hendy Kurniawan S.Sos, PJU Polres Pasuruan, Kadishut Jatim diwakili oleh KUPT Perhutani Pasuruan Akhmad Fadil, S.Hut, Peraih Kalpataru Mbah Sadiman, Kepala UPT Raden Soeharjo Ahmad Wahyudi S.Hut, Ketua Forumdas Sulis.

Kegiatan sendiri diawali dengan apel bersama, dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh Kapolres AKBP Rofiq Ripto Himawan kepada peserta dan ditutup dengan doa oleh KH. Dulkolaif Abusalam.

Berbagai jenis bibit pohon di tanam dalam kegiatan “Jaga Alam, Jaga Kehidupan” Tersebut, jenis pohon yang ditanam sendiri antara lain Beringin 500 bibit, Elo 200 bibit, Gondang 50 bibit, Bendo 150 bibit, Kayu manis 100 bibit, serta Sapen 100 bibit.

Kapolres AKBP Rofiq dalam sambutannya menyampaikan betapa pentingnya menjaga lingkungan dengan gemar menanam pohon sebagai keseimbangan alam “dengan penanaman pohon ini, diharapkan dapat membantu mencegah terjadinya pemanasan Global dan juga mampu membersihkan udara dari partikel pencemaran udara,” Ujarnya.

Mbah Sadiman ini, masih kata kapolres, mendapatkan Award dari Kick Andi dan banyak lagi yang membanggakan kita, sudah 3 negara yang dikunjungi dan 9 negara yang mengunjungi Mbah Sadiman itu sudah terbukti jika kita peduli dengan alam maka alam akan membuktikan kepada kita, dan dedikasi Mbah Sadiman ini juga telah di Apresiasi dari Presiden RI melalui penghargaan KALPATARU pada tahun 2016 serta penghargaan baik Nasional maupun Internasional.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat mendorong masyarakat juga mempunyai kepedulian yang sama terhadap lingkungan kita, sehingga alam bisa terjaga. Dan mudah-mudahan dapat mencegah perubahan iklim, bencana dan sebagainya,” sambung Kapolres AKBP Rofiq.

Di himbau juga kepada seluruh masyarakat untuk bisa melakukan kegiatan yang sama, dengan melakukan penanaman pohon untuk menghijaukan kembali lingkungan sekitar.

“Kami menghimbau masyarakat untuk menanam dimanapun berada terutama dibantaran sungai dan ditempat-tempat yang alamnya telah rusak mari kita hijaukan kembali guna mengembalikan keseimbangan alam,” pungkas Kapolres .

Nampak juga di dalam acara Head Factory East PT Sampoerna Aji Sumantoro, Manager CSR & regional Relation PT Sampoerna Kukuh Dwi Kristianto, Yayasan Kaliandra Sejati Sarifudin latif, Forkopimka Kecamatan Prigen, Kepala ADM KPH Kabupaten Pasuruan Ida Jatiaksa, Para Kyai juga Gus Bhumi Nawakartika Kabupaten Pasuruan, para relawan komunitas pecinta alam serta masyarakat(qomar)