PKK Desa Kalipecabean Optimalkan Empat Pokja

0
67

 

Sidoarjo, Gempurnews.com – PKK Desa Kalipecabean Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, di tahun 2020 menetapkan empat Pokja(Kelompok kerja) yang dalam realisasinya di tentukan waktunya selama tiga bulan tiap pokjanya.

Hal itu di sampaikan sekretaris PKK desa, ibu yusuf (panggilan akrabnya), dijelaskan pula untuk pertemuan rutin setiap bulannya di laksanakan tiap tanggal 13.

” Ditahun 2020 dalam progam PKK terbentuk Pokja ( Kelompok Kerja ) terbagi ada 4 Pokja,” ujarnya.

Di jelaskan pula jika pokja satu dilaksanakan bulan tiga, demikian juga pokja dua sampai empat di jadwalkan per triwulan, sehingga empat pokja tersebut selesai dalam satu tahun yaitu tahun 2020.

Pokja 1 mengajarkan tentang pemandian jenasah
“arahnya agar masyarakat Desa kelipecabean, semua bisa untuk melakukan kegiatan pemandian jenasah jika ada yang meninggal dunia di kalangan RT atau RW setempat di desa kalipecabean Candi” ungkapnya.

Karena selama ini untuk pemandian jenasah generasi penerus banyak yang belum tahu, selama ini untuk kegiatan pemandian terbiasa memanggil orang yang sudah terbiasa memandikan jenasah ( Ahlinya memandikan jenasah ).

Dengan adanya pelajaran tata cara pemandian jenasah tersebut masyarakat khususnya disetiap RT atau RW setempat di harapkan bisa juga melakukan kegiatan pemandian jenasah” jelas bu yusuf.

pokja 2 pelatihan pembuatan mahar pernikahan

“Keterampilan membuat mahar perkawinan yang ada dilingkungan Desa kalipecabean warga RT atau RW setempat bisa desain mahar pernikahan sendiri di mungkinkan nantinya bisa sebagai home industri yang dapat menampah penghasilan keluarga.

Kemudian Pokja 3 yang di agendakan pelaksanaan bulan 9. di sini di tentukan kegiatan pelatihan MC mengenai pendidikan

“agar ibu ibu didesa kalipecabean lebih cerdas dengan adanya tambahan pendidikan” Tambanya
Untuk yang terakhir Pokja 4 di rencankan bulan desember tersebut pelatihan pengetahuan tentang Jumantik.

” pengenalan Jumantik ini kita nanti panggil tenaga trainer dari Luar agar ibu ibu PKK didesa Kalipecabean paham dan tahu akan pentingnya Kesehatan ” tambah bu yusuf

Sri mujayati selaku Ibu Kades Desa Kalipecabean manambahkan bahwa kader kader PKK desa kalipecabean semua semangat , rukun tidak pernah ada perselisihan juga dalam setiap kegiatan di jalankan dengan terbuka dan transparan terutama masalah keuangan.

Juga diakui dirinya dapat piagam Kader tertua ( usia jabat kader 40 tahun ) sejawa timur dari Gubernur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa, dan PKK desa kali pecabean sempat mewakili di Daerah Banyuwangi Jawa Timur.” kata Sri Mujayati ( yuli )