MERR Dibangun, Risma Ingin Berbagi Beban dengan Sidoarjo

0
12

 

Surabaya, Gempurnews – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyebut pembangunan Jalan Middle East Ring Road (MERR), bukan hanya bertujuan untuk mengembangkan Kota Surabaya. Namun juga untuk membantu Kabupaten Sidoarjo untuk ikut berkembang.

Ia ingin, beban ekonomi dan pembangunan sebuah kota, bukan hanya berada di Jakarta dan sekitarnya. Namun juga masuk ke Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya.

“Kami tidak mau beban itu ke Jakarta semua. Kalau ada jalan bagus seperti ini, beban ekonomi dan pembangunan pasti lari ke Surabaya dan Sidoarjo. Jadi kota sekitar Surabaya bisa ikut berkembang,” kata Risma saat peresmian MERR, Sabtu, 15 Feb 2020.

Menurutnya, jika iklim investasi, ekonomi dan pembangunan sudah menyentuh dan masuk ke Surabaya, maka akan membawa dampak besar. Yakni masuknya banyak pendatang dari berbagai penjuru di Indonesia.

Dengan datangnya banyak pendatang itu, maka kebutuhan pemukiman juga berkembang pesat. Sehingga diharapkan, Sidoarjo sebagai kota terdekat dengan Surabaya bisa memanfaatkan hal tersebut.

“Ibaratnya ada gula ada semut. Nah kalau semut ini datang, mereka butuh rumah kan, pasti banyak butuhnya. Kan Sidoarjo bisa memanfaatkan ini,” katanya.

Risma mengatakan, jika iklim investasi di Surabaya sudah baik dan tidak ditunjang dengan jalan penghubung seperti MERR, akan menyebabkan banyaknya pendatang yang tak memiliki hunian.

“Nah kalau sudah begitu, mereka datang tidak punya rumah atau apa gitu karena aksesnya buruk. Nanti malah jadi penjahat hanya untuk bertahan hidup. Kami mau dengan adanya jalan-jalan penghubung ini, bisa dimanfaatkan oleh daerah sekitar kami,” katanya.( yuli )