Kenduren Mas, Ajang Promosi Komoditas Pertanian Paserpan

Kenduren Mas, Ajang Promosi Komoditas Pertanian Paserpan

Pasuruan, gempurnews.com – Pemerintah kabupaten Pasuruan melaksanakan kegiatan kenduren mas sebagai acara pelayanan percepatan pengurusan perijinan secara terpadu di buka di lapangan desa Paserpan kecamatan Paserpan kabupaten Pasuruan, Rabu (18-19/2/2020 ).

Dalam acara selama 2 hari di hari berikutnya di gelar bersama pesta durian dan hiburan rakyat bersama.
Petani  durian juga  sangat antusias bergambira berdatangan walaupun suasana hujan  untuk ikut berpartisipasi dalam rangka makan durian sepuasnya  yang sudah biasa di adakan setiàp musim panen di lapangan desa Paserpan.
Mayoritas masyarakat setempàt bermata pencaharian sebagai petani. Berbagai sayur mayur tumbuh subur karena dekat pegunungan namun khusus untuk wilayah kecamatan Paserpan mempunyai andalan durian dengan kualitas istimewa.
Menurut Rozi selaku panitia mengatakan, luas kebun durian di desanya ada ratusan hektare. “Sedangkan wilayah persebarannya ada di beberapa desa sekecamatan Paserpan,” ucapnya kepada gempurnews.com.
Dalam pelaksanaan pesta tersebut  masyarakat seempat bebas menyajikan durian lokal yang  terbaik  khusus hari ini kami kumpulkan lebih seribu butir untuk pesta promosi durian asli desa kami. “Kalau biasanya Rp 100 ribu per butir, hari ini cukup harga Rp 50 ribu bebas makan sepuasnya,” jelasnya.
Sementara itu, salah seorang pengunjung, Ana, mengatakan, untuk mempromosikan perlu adanya  agrowisata khusus misalnya wisata  yang berlatar belakang luasnya lereng bukit. “Jadi makin asyik, makan durian sambil piknik cetus Ana sembari tersenyum.
Jumlah pengunjung, makin siang makin meningkat. Bahkan menurut ana sampai siang hari makin ramai
Pengunjung Pesta Durian Desa paserpan tak hanya berasal dari wilayah sekitar saja. Ada pula beberapa pengunjung yang datang juga berasal dari wilayah lain di luar kecamatan Paserpan dan sekitarnya.
“Tadi saya makan abis enam besar-besar. Saya makan sendiri, sengaja biar puas. Yang penting tadi makan nasi, dan sengaja sedikit supaya perut muat banyak durian,” ujarnya sembari tertawa. (arie)


Related Articles

Kedapatan Menyimpan Sabu, Dua Orang Warga Sapeken Dibekuk Polisi

  SUMENEP Gempurnews.com – Polisi Sapeken berhasil membekuk dua orang warga Desa Sapeken, Kecamatan/ Pulau Sapeken, Kabupaten Sumenep, karena kedapatan

Adu Banteng Di Jalan Akibatkan 2 Nyawa Menghilang

  Sidoarjo gempurnews.com Pagi hari sekitar jam 7 pagi telah terjadi laka antara 2 pengendara motor vixion dengan vega zr.

Kenaikan UMK Jadi Ancaman Aprisindo

Kenaikan UMK Jadi Ancaman Aprisindo Surabaya, gempurnews.com- Kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2020 di Jawa Timur yang baru-baru ini diumumkan Pemprov,