Dua Desa Di Kecamatan Candi Saling Klaim Batas Desa

0
57

Sidoarjo, Gempurnews.com- Kepala Desa Kedung peluk kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo Madenan kepada Gempurnews mengatakan jika saling klaim batas desa tersebut sudah lama, sambil menunjukkan Peta Desa Kedungpeluk, dirinya juga menyampaikan jika lahan Desa Kedungpeluk kecaplok Desa Kalipecabean.

“nanti akan saya gugat mas sudah ada pengacara kebetulan pengacara saya ini juga warga saya sendiri”, Ujarnya

Karena itu sudah nyata masih kata Madenan, lahan milik Desa Kedungpeluk yang ada di Peta ini, sambil berdiri menunjukkan peta yang ada di ruang kerjanya.

Sengketa batas wilayah dua desa yang ada Kecamatan Candi ini sebelumnya sudah beberapa kali mengemuka.

Kepala Desa madenan, didampingi sekertaris desa kedung peluk M Sofi sudah mengirim surat ke camat Candi Kabupaten Sidoarjo untuk memfasilitasi dan menyelesaikan batas wilayah desa itu pada hari Kamis, 25 Juli 2019.

Dalam suratnya, Pemdes Kedungpeluk mendesak Pemkab Sidoarjo segera menetapkan dan menegaskan batas Desa Kedungpeluk dan Desa Kalipecabean tersebut.

Hal ini setelah Pemdes Kedungpeluk merasa lahan batas desanya dicaplok tetangga desanya itu luasannya lebih dari 3.000 meter persegi.

“Kretek Desa dan Peta Desa kedungpeluk ini masih ada dan Kretek sama Peta Desa Kedungpeluk ini tinggalan dari jaman Belanda dulu mas” kata Kades Madenan.

Sementara Arif Ali Ansyori selaku Kepala Desa Kalipecabean, saat di Konfirmasi Gempurnews terkait sengketa batas wilayah Desa Kedungpeluk dan Desa Kalipecabean tidak mau berkomentar sama sekali, yang bersangkutan hanya mempersilahkan menanyakan ke Kepala Desa Kedung Peluk.

“silakan tanyakan ke Kepala Desa Kedungpeluk saja mas, maaf saya masih banyak kegiatan,” kata Arif

Sebelumnya batas antara Desa Kedung Peluk dengan Desa Kalipecabean ini mengemuka sekitar tahun 2013, Saat itu bersamaan dengan adanya pengurukan lahan untuk perumahan Griya Saqeena Regency yang dimiliki Agung selaku pengembang.

Dari pengurukan lahan tersebut berakibat hilangnya sungai kecil batas desa yang ikut diurug.

Sementara dari pihak pengembang Grand Saqeena Regency sampai berita ini di turunkan belum berhasil di hubungi.
( yuli )