Forum Perangkat Daerah Kabupaten, Selaraskan Program Kegiatan Musrenbang RKPD

0
19

Barito Utara. gempurnews.com – Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, SH membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah Kabupaten tahun 2020 yang bertempat di Aula Bappedalitbang Muara Teweh (16/3/29).
Acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Barito Utara Ir. H. Jainal Abidin, M. AP, Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Barito Utara, Ketua GOW Barito Utara dan Kepala Badan Statistik Barito Utara.
Dalam sambutannya, Ketua Panitia, Drs.Muhlis, mengatakan bahwa forum perangkat daerah Kabupaten Barito Utara tahun 2020 ini dilaksanakan dengan tujuan menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah usulan dan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD Kabupaten di seluruh kecamatan untuk penyusunan Renja Perangkat Daerah Kabupaten Tahun 2020 dan mempertajam indikator serta target program dan kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah. 
“Selain itu juga untuk menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinegritas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, dan menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatof untuk masing-masing perangkat daerah,” jelas Muhlis.
Sementara itu, sambutan Bupati Barito Utara yang dibacakan oleh Wakilnya menjelaskankan bahwa, Forum Perangkat Daerah ini merupakan wadah bersama antar perangkat daerah dan pelaku pembangunan, untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan, yang akan memadukan hasil Musrenbang Kecamataan dan kebijakan Pemerintah Daerah, dalam upaya untuk mencapai visi dan misi Kabupaten Barito Utara.
Wabup juga menambahkan, dengan dilakukannya penyelarasan program dan kegiatan antar perangkat daerah, dalam rangka sinergitas pelaksanaan dan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah. “Saat Musrenbang RKPD Kabupaten nantinya, kita sudah dapat menyusun kesepakatan antar pelaku pembangunan, tentang rancangan rencana kerja pembangunan daerah tahun 2021 dan disinkronkan dengan rencana kerja perangkat daerah (RENJA-PD) dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan daerah Kabupaten Barito Utara,” jelas Sugianto.
“Melalui kegiatan forum perangkat daerah ini,akan  mampu menghasilkan dan menyepakati prioritas-prioritas kegiatan yang terbaik untuk masyarakat, sesuai denhan aspirasi yang telah disampaikan, atas dasar kebutuhan masyrakat banyak, bukan keinginan semata dan bukan pula hanya untuk kepentingan orang perorangan atau segelintir masyarakat,” harapnya. (SS)