Suhu Tubuh Pejabat Daerah Diperiksa Sebelum Masuk Ruang Rapat

0
23
Pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ruangan/foto: ss

 

Pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ruangan/foto: ss

Barito Utara. Gempurnews.com -Virus Covid-19 atau Virus Corona yang saat ini penyebarannya masuk ke Indonesia, berdasarkan data yang ada bahwa 8 daerah dinyatakan telah ada kasus Covid-19. Berbagai langkah yang  dilakukan Pemerintah Pusat dalam mengantisipasi meluasnya sebaran Virus Covid-19 tersebut.
Presiden RI, Jokowi telah mengeluarkan Keppres Nomor 7 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona.
Pemerintah Kabupaten Barito Utara, merespon arahan yang dikeluarkan oleh Presiden RI, meskipun di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini belum dilaporkan adanya kasus Covid-19.
Bupati Barito Utara H. Nadalsyah melalui Wakilnya, memerintahkan Kepada jajarannya dalam  acara Forum Gabungan Perangkat Daerah Barito Utara, di Aula Bappedalitbang, Senin (16/3) untuk tanggap terhadap penyebaran Virus Corona tersebut.
“Meskipun Kabupaten Barito Utara belum dilaporkan adanya kasus Corona,kita perlu melakukan langkah- langkah untuk mengantisipasinya,” jelas Sugianto. 
Sugianto juga mengatakan akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan RSUD guna melakukan langkah-langkah antisipasi.
“Langkah pertama dengan cara melakukan scraning suhu tubuh, pada saat dilaksanakan rapat-rapat yang digelar oleh Pemerintah Daerah. Hal ini, untuk memastikan bahwa peserta rapat yang hadir dalam kondisi sehat. Apabila ditemukan peserta rapat dalam kondisi yang ‘dicurigai’ maka akan dilakukan tindakan medis yang telah ada dalam protokol penanganan Virus Covid-19,” jelas Sugianto.
Selain itu, masih kata Sugianto, pihaknya terus menggalakan langkah-langkah preventif lainnya dengan menyampaikan lewat himbauan-himbauan dan langkah lainnya.
Bupati Barito Utara H. Nadalsyah melalui Wakilnya juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat khususnya Barito Utara, agar tidak panik menghadapi pandemi Virus Covid-19. 
“Utamakan pola hidup sehat, jangan bepergian ke wilayah yang ada kasus virus Corona dan periksakan diri, bila mendapati gejala-gejala yang dikhawatirkan sebagai gejala awal dari virus Corona,” pungkas wabup. (SS)