Keluar atau Masuk Barut Dilakukan Pengecekan Suhu Tubuh

Keluar atau Masuk Barut Dilakukan Pengecekan Suhu Tubuh

Barito Utara, gempurnews.com – Tim gugus tugas percepatan penanganan Virus Corona Kabupaten Barito Utara sudah bergerak dititik yang ditentukan. Pergerakan itu ditandai dengan dilakukannya pemeriksaan suhu tubuh pada setiap warga, baik yang masuk maupun keluar, dari Kabupaten Barito Utara.
Tindakan itu sesuai hasil Ratas yang digelar pada Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Barito Utara, Kamis (26/3/20).
Tim Gugus Tugas melaksanakan tugasnya ditempat yang telah ditentukan, yakni untuk Posko darat bertempat di Puskesmas Kandui Kecamatan Gunung Timang. Sedangkan Posko sungai bertempat di Pelabuhan Daerah depan Hotel Pasifik. Pos Udara tetap berada di Bandara Beringin Muara Teweh, yang menyesuaikan dengan jadwal penerbangan. 
Saat pemeriksaan berlangsung di Puskesmas Gunung Timang, satu persatu kendaraan yang melintas dari arah jalan nasional lintas provinsi dihentikan petugas.
Para penumpang kemudian diminta turun, untuk dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan mengisi daftar pemeriksaan dengan memperlihatkan Kartu Tanda Pengenal (KTP) serta menanyakan riwayat bepergian guna meminimalisir potensi penyebaran Covid-19.
Bupati Barito Utara H. Nadalsyah mengatakan bahwa tindakan yang diambil merupakan langkah Pemerintah Kabupaten Barito Utara, dalam menanggulangi penyebaran Virus Corona. 
Bupati sangat mengharapkan partisipasi semua pihak, baik pemerintah terlebih Kepada seluruh masyarakat Barito Utara, untuk dapat bekerjasama bahu membahu dalam menanggulangi penyebaran virus corona ini. 
“Kami tidak akan berhasil tanpa dukungan dari seluruh pihak khususnya masyarakat Barito Utara, terlebih dalam penerapan sosial distancing,” ungkap H. Nadalsyah.
Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, Siswandoyo, SKM,M.Kes menyampaikan pada warga bahwa, dilaksanakannya pemeriksaan disetiap orang yang berada didalam kendaraan yang melintas di Pos, untuk dilakukan pengecekan suhu tubuhnya.
Siawandoyo menambahkan, tugas yang sedang berjalan ini, sebagai wujud kebersamaan dari semua instansi pemerintah Daerah dalam menanggulangi serta untuk mengantisipasi beredarnya virus corona atau COVID-19.
“Kami melaksanakan operasi pemeriksaan dengan Dinas terkait, sesuai instruksi Bupati,” jelasnya.
Untuk memeriksa pengguna jalan, masih kata Kadis Kesehatan Barut, khususnya yang datang dari arah Palangka Raya, Banjarmasin dan Kalimantan Timur dilakukan mulai dari pemeriksaan suhu badan serta diajurkan mengisi daftar riwayat perjalanan asal dan tujuan, untuk mengantisipasi virus-virus tersebut masuk ke wilayah Kabupaten Barito Utara.
“Semua akan kita lakukan dengan sikap humanis pada masyarakat yang akan di periksa,” pungkasnya. (SS)


Related Articles

Bukan Sekedar Pujian, Beberapa Daerah di Indonesia Datang Untuk Meng-Adopsi Mal Pelayanan Publik Banyuwangi

Gempurnews.com – Indonesia -Propinsi Jawa-Timur – Kabupaten Banyuwangi. Banyuwang – kota yang memiliki segudang program inovatif untuk meningkatkan pelayanan publik

Ultah Kedua LSM Tamperak Jatim, Peduli Kaum Dhuafa Dan Anak Yatim

Probolinggo Gempurnews.com- Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Tamperak Jatim (Tameng perjuangan Anti Korupsi Rakyat) hari sabtu (14/3) melaksanakan tasyakuran memperingati ulang

POLSEK DONOMULYO MELAKSANAKAN PENGAMANAN LABUH SESAJI DIPANTAI NGLIYEP

Malang Gempur News Com. Jajaran anggota Polsek Donomulyo Resort Malang melaksanakan giat pengamanan Labuh sesaji ke laut selatan tepatnya di