Posko Pemantau Efektif Untuk Cegah Penyebaran Covid-19

0
326


 

Barito Utara, gempurnews.com – Kepala Koordinator Petugas Posko Pemantauan Kandui, Kecamatan Gunung Timang, Godwin P, S.Kep, mengatakan bahwa dua hari pos pemantauan kesehatan yang dilaksanakan oleh gugus tugas penanganan Covid-19 Barito Utara sudah berjalan.
Tercatat sejak jam 06.00 sampai 20.30 WIB terdata sebanyak 653 orang yang sedang melintas ataupun memasuki Daerah Barito Utara.
Sampai saat ini, warga yang telah dicek suhu tubuhnya paling tinggi 36,9 derajat dan tidak ada keluhan yang mengarah ke COVID-19.
“Kita sudah pengklasifikasian status kesehatan mereka, namun hingga saat ini belum ada warga yang mengarah ke gejala Covid-19” ungkap Godwin, Jumat (17/3/20). 
Untuk warga asli Kandui Kecamatan Gunung Timang, khususnya yang memiliki gejala ringan akan kita himbau untuk di karantina mandiri dirumah dan selalu dipantau dengan menghubungi melalui telepon. “Sedangkan untuk diluar wilayah Kandui data dan nomor kontak yang bersangkutan akan dilaporkan kepada Gugus Tugas Barito Utara” jelasnya.
Ia juga menjelaskan warga diluar Kandui, yang melintas ataupun menuju Muara Teweh dan sekitarnya,sedang atau mengalami gejala ringan maupun berat, pihaknya akan segera melakukan penanganan sesuai protokol kesehatan penanganan COVID-19 serta berkoordinasi dengan Gugus Tugas Barito Utara untuk tindakan lebih lanjut. 
“Bagi pasien yang masih berstatus gejala ringan,dianjurkan untuk dikarantina mandiri, terus akan dilaporkan datanya Kepada Gugus Tugas Covid-19 Barito Utara untuk dilakukan pemantauan,” katanya. 
Namun, lanjut dia, apabila gejalanya berat akan kami rujukan ke Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD)Muara Teweh dengan menggunakan ambulance. 
“Sejauh ini menurutnya, warga merasa terbantu dengan adanya posko pemantauan kesehatan ini. guna mendeteksi dini gejala covid-19,”Dikarenakan pemeriksaannya pun gratis,maka wargapun banyak dengan sukarela memeriksakan gejala virus corona ini,” imbuhnya.
Wakil Ketua I DPRD Barito Utara Permana Setiawan, ST didampingi Anggota DPRD, Wardatun Nur Jamilah pada Jumat sore (27/3) meninjau Posko yang berada di Puskesmas Kandui Kecamatan Gunung Timang.
Dalam peninjauannya, Wakil Ketua I Permana Setiawan,ST berharap dengan adanya posko ini dapat memperketat pengawasan bagi setiap orang yang lewat demi pencegahan dan memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Barito Utara. 
Dalam kesempatan yang sama, pihaknya juga memberikan bantuan kepada petugas yang sedang jaga diposko berupa makanan dan minuman serta masker.
“Pemberian ini bertujuan agar para petugas dapat selalu fokus dalam menjaga dan mendata para warga yang memasuki area Barito Utara,” harap Permana. (SS)