Hujan Sebentar, Banjir Landa Pemukiman Di Babakan Cisidah

0
24
Drainase yang tidak dapat menampung air hujan/foto. asyaf

Cimahi, gempurnews.com – Ditengah musibah pandemi covid-19, warga RT 01 RW 03 Kelurahan Cimahi Kecamatan Cimahi Tengah terendam akibatkan luapan drainase di Jalan Amir Mahmud Kota Cimahi. Kejadian ini terjadi pada Kamis (16/4/2020) sekitar jam 15.00 WIB.

Drainase meluap akibat tidak dapat menampung guyuran hujan deras yang terjadi sebentar saja. Akibatnya, luapan air pun menerobos hingga masuk ke pemukiman warga RT 01-RW 03 kelurahan Cimahi.

Genangan air di rumah warga dengan ketinggian mulai 30 hingga 60 cm.

Ketua RT 01- RW 03, Asep Witana, memberikan keterangan bahwa musibah banjir ini merupakan akibat dari buruknya sistim drainase.

“Akibatnya, air yang seharusnya mengalir di saluran drainase justru meluap,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, dia juga menyayangkan ketidakhadiran pihak BPBD di lokasi banjir.

“Tidak ada satupun anggota BPBD yang datang saat banjir melanda warganya,” imbuhnya.

Sementara itu, saat dihubungi melalui pesan Whatsapp, DPKP sebagai pihak bidang pelaksana dan pengawas setiap pembangunan di Kota Cimahi belum memberikan keterangan apapun terkait banjir yang melanda di pemukiman warga Babakan Cisidah.

Sedangkan pihak dati kelurahan saat dihubungi oleh Ketua RT 01, langsung merespon dan menginstruksikan keoada jajarannya untuk melihat lokasi banjir.

Dari pengamatan di lapangan, selain di wilayah RT 01- RW 03 Kelurahan Cimahi, banjir juga menerjang jalan Amir Mahmud yang terletak di Cibabat Kota Cimahi. Sama dengan di wilayah Babakan Cididah, terjangan air ditimbulkan dari luapan drainase. (asyaf)