Sebelum PSBB, Pemkot Masifkan Rapid Test dan Swab Test di Sejumlah Titik

0
36

Cimahi, gempurnews.com – Pemkot Cimahi, bergerak secara masif melakukan penyisiran atau tracing kasus corona virus disease (Covid-19) di Kota Cimahi sebelum menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),

Tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi diturunkan ke sejumlah lokasi untuk menggelar rapid test maupun swab test ke masyarakat sasaran.

Setidaknya ada 5 tim Dinkes Kota Cimahi menyebar ke wilayah Cimahi Utara, Cimahi Tengah, hingga Cimahi Selatan.

Lokasi pelaksanaan tes mulai dari Puskesmas, Pendopo Cimahi, dan sejumlah tempat lain.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi Harjono, mengatakan tes secara masif merupakan tindak lanjut Rapat Kesiapan Pelaksanaan PSBB Kota Cimahi.

“Salah satu poin menyebutkan hari ini, Kamis (16/4/2020) jajaran Dinkes Cimahi bergerak secara masif melakukan rapid test dan swab tes dengan menyisir hasil tracking dari kasus positif di Cimahi,” ujarnya

Saat pelaksanaan PSBB nanti, masih kata Harjono, juga akan dilakukan rapid test maupun swab yang lebih masif.

“Harapannya nanti di hari ke-15 akan terlihat apa selama PSBB ada penurunan jumlah kasus positif maupun PDP-ODP,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini, menyebutkan bahwa angka positif Covid-19 meningkat

“Kemungkinan angka positif Covid-19 akan terus bertambah. Karena itu kita terus cari riwayat kontak dengan kasus positif agar bisa terdeteksi,” ujarnya.

Berdasarkan data laman www.covid19.cimahikota.go.id pada Rabu 15 April 2020 pukul 16.05 WIB, kasus positif covid-19 mencapai 24 orang terdiri dari 20 orang positif aktif dalam isolasi mandiri dan penanganan di RS rujukan, 1 orang sembuh, dan 3 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 692 orang terdiri dari 476 masih dalam pemantauan dan 216 selesai dipantau. Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 37 orang terdiri dari 27 masih dalam pengawasan dan 10 orang selesai pengawasan. (asyaf/tim)