250 Nasi Bungkus Perhari Disiapkan Dapur Umum Cimahi Tengah Buat yang Tidak Tercover Bantuan

0
110
Suasana dapur umum Cimahi Tengah/foto. Asyaf
Ketua PKK Kelurahan Melong saat menyerahkan bantuan untuk dapur umum pada ketua PKK Kecamatan Cimahi Tengah/ foto. asyaf

KOTA CIMAHI – Sebagai dampak pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kecamatan Cimahi Tengah mendirikan dapur umum yang dialokasikan untuk yang membutuhkan.

Camat Cimahi Tengah, Sugeng menjelaskan bahwa pendirian dapur umum ini ditujukan buat masyarakat yang membutuhkan akibat pelaksanaan PSBB.

“Termasuk juga anak jalanan, pemulung dan pengemis, silahkan manfaat dapur umum yang kita sediakan,” terang Sugeng.

Sugeng menambahkan, setiap hari sebanyak 250 nasi bungkus disiapkan dan dibagikan.

Sugeng juga menegaskan, keberadaan dapur umum ini bukan termasuk dari 9 penerima bantuan yang dicanangkan oleh Gubernur Jawa Barat.

“Ini merupakan bantuan langsung bagi Masyarakat diluar dari 9 poin bantuan yang dicanangkan Pak Gubernur,” jelas Sugeng.

Kemudian Sugeng juga menambahkan, pelaksanaan posko dapur umum di Kecamatan Cimahi Tengah ini didukung oleh rekan-rekan dari Kelurahan diantaranya Kader PKK, LPM, TAGANA dan KARANG TARUNA.

“Sedangkan untuk menjalankan pembagian ke masyarakat dilakukan oleh Karang Taruna Kelurahan,” kata Sugeng.

Sugeng juga mengungkapkan, sesuai arahan dari Ibu Gubernur, pendirian dapur umum itu dilaksanakan ditingkat Kelurahan. Namun karena pihak kelurahan sangat sibuk dengan pendataan calon penerima bantuan yang akan dibagikan baik dari Propinsi dan Pemkot Cimahi, maka pendirian dapur umum ini dilaksanakan di Kecamatan.

Dalam Pelaksanaan pendirian Posko Dapur Umum ini didukung pula oleh para Donatur yang berada di Wilayah Kecamatan Cimahi Tengah khususnya, umumnya di Kota Cimahi.

Dari pengamatan Gempur News, terlihat sumbangan dari Koramil Cimahi, berbentuk bahan pokok dan sayuran.Tak lama kemudian datang juga Sumbangan dari Kelurahan Melong yang diserahkan langsung oleh Maya, Istri Lurah yang sekaligus merupakan Ketua PKK. Penyerahan bantuan tersebut diterima langsung oleh Istri Camat Cimahi Tengah, Ade.

Ditemui terpisah, Ketua PKK Kelurahan Melong menjelaskan bahwa bantuan yang diserahkan ini berupa bahan pokok khususnya beras.

Lebih lanjut Ketua PKK Kelurahan Melong ini juga menjelaskan, bantuan ini merupakan wujud perhatian kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kota Cimahi.

“Kendati Kelurahan Melong dibawah wilayah Kecamatan Cimahi selatan namun kami melihat dari perspektif Cimahi-nya, bukan yang lain,” pungkasnya.

Sementara ditempat yang sama Ade, Istri dari Camat Cimahi Tengah menyatakan terimakasihnya pada berbagai pihak yang telah berpartisipasi dalam memberikan bantuan.

“Kami menyerahkan nasi bungkus ini kepada masyarakat yang tidak tercover bantuan Pemerintah dan Dinas Sosial seperti pemulung, anak jalanan, pengemis dan yang lainnya. Kami akan menyisir keberadaan warga yang tidak tercover bantuan itu,” ujarnya.

Menutup pembicaraan, Ade berharap, program pembagian nasi bungkus ini atau yang dinamakan GASIBU, bisa terlaksana dengan baik.

“Tentunya kami sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak. Masyarakat diharapkan tinggal di rumah sesuai dengan anjuran Pemerintah. Biarlah kami yang mendatangi masyarakat yang membutuhkan. Semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu,” pungkasnya menutup pembicaraan. (asyaf)