Bupati Sumenep Keluarkan SE Angkutan Laut Masa Mudik Lebaran

0
40

SUMENEP – Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, melalui surat edaran tentang penyelenggaraan angkutan laut selama masa mudik Idulfitri 1441 Hijriah, tetap membolehkan aktivitas pelayaran di lingkungan Pemkab Sumenep, khususnya yang melalui Pelabuhan Kalianget.

Surat Edaran (SE) tersebut dikeluarkan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 atau virus Corona. Salah satu poin dalam SE Bupati menyatakan penyelenggaraan angkutan laut/penyeberangan yang melayani lintas dalam kabupaten Sumenep tetap dilaksanakan dengan mengacu pada protokoler penanganan Covid-19.

Protokoler penanganan Covid-19 yang dimaksud ialah dengan ketentuan: kapal wajib dilakukan proses sterilisasi sebelum menaikkan penumpang atau muatan; dan penumpang wajib cuci tangan dan menggunakan masker sebelum masuk ke dalam kapal.

Selain itu, operator kapal harus tetap memperhatikan jarak tiap penumpang atau physical distancing dengan mengangkut penumpang maksimal 50 persen dari kapasitas kapal.

Poin terakhir dalam SE yang ditandatangani Bupati Sumenep, tertanggal 30 April 2020 itu menyebutkan, data seluruh penumpang kapal yang berangkat harus tercantum dalam manifes kapal.

Sementara itu Humas PT Sumekar, Eko Wahyudi, mengaku sudah menerima SE tersebut. “Iya, kami sudah menerima soft copy-nya. Hard copy-nya kemungkinan menyusul,” ujarnya. (**/red)