Bahar Malaka, Tetap Berkarya Ditengah Pandemik Covid-19

0
128

KOTA CIMAHI-‘
Bahar Malaka adalah seorang pelukis yang mengusung aliran Suryalis,bertempat tinggal di Jalan Cihanjuang Gg.Bajat RT 01 – RW 19 Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.
Pelukis yang mendapatkan predikat Pelukis Eksentrik ini tetap berkarya dalam situasi sulit seperti sekarang ini.

Ditengah pandemik penularan Virus Covd 19 yang mematikan, Bahar Malaka tetap berkarya menghasilkan beberapa karya seni lukisnya.

Ditemui di rumah nya, pelukis nyentrik asal Kota Cimahi yang biasa akrab disapa Kang Bahar ini, berkenan untuk diwawancarai oleh awak Media Gempur News.

Ketika Awak Media Gempur News menanyakan motivasi nya sehingga tetap berkarya,Kang Bahar Menjelaskan, bahwa seniman itu akan tetap berkarya disegala keadaan, baik sedang susah, senang, sedih dan gembira, tanpa harus beralasan karena ada nya pandemik Covid -19, sehingga tidak menghasilkan karya.

“jika seniman hanya berkarya dikala senang saja berarti itu bukan seniman”.tandasnya

Di sampaikan dirinya merasa tenang-tenang saja dikala seniman lain berharap adanya bantuan yang diakibatkan tidak adanya penghasilan setelah adanya aturan PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar)

” Alhamdulillah saya masih mampu dan tidak berharap adanya bantuan dari pihak manapun, malah jika saya ada rejeki saya akan menyumbangkan sedikit atau kalau ada banyak materi agar orang lain diluaran sana bisa sedikit terbantu, jadi Ideal nya seniman itu membantu bukan berharap bantuan.”tuturnya.

Bahar malaka adalah sosok Seniman Yang memegang teguh prinsip berkarya dan tetap berkarya walaupun dalam keadaan yang sulit seperti sekarang ini, hal ini dibuktikan dengan garapan apik yang di tuangkan pada ruangan Salah seorang sahabatnya, Doni Siagian.

Ternyata benar apa yang di ucapkan Seorang Bahar Malaka jika karya tetap bisa dihasilkan walaupun dalam situasi keadan apapun, tidak mengenal waktu tentu nya, apalagi beralasan sehingga tidak menghasilkan karya, itu sangat disayangkan jika sudah menyatakan diri sebagai Seniman,

Awak Media Gempur News berkesempatan pula menyaksikan karya Seorang Pelukis Eksentrik Bahar Malaka yang di tuangkan pada hiasan dinding dan plafon rumah milik Doni Siagian, Sungguh sesuatu yang lain dari biasanya dan tentu saja indah dipandang.

Ibu Doni Siti S.Siagian menjelasan, kebetulan Kang Bahar ini merupakan sahabat suaminya jadi dirinya ingin ruangan dirumahnya dibuat dengan nuansa yang berbeda.

‘ ya..akhirnya saya mempercayakan garapannya kepada Kang Bahar dan Saya sangat puas dengan karya yang menghiasi ruangan yang ada di rumah saya, Saya bangga semua ini dikerjakan salah satu pelukis kota Cimahi” Jelas nya. (ASYAF)