Desa Oro Orobulu Tetapkan 243 Keluarga Penerima BLT-DD

0
521

PASURUAN — Menindak lanjuti Permendes Pembangunan Daerah dan Trasmigrasi (PDTT) No.6 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Permendes No. 11 Tahun 2020 Tentang Prioritas Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020, menyangkut dana desa yang digunakan untuk membantu masyarakat miskin dampak dari Pandemi Covid19, melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa.

Dalam menetapkan masyarakat penerima BLT-DD, Pemerintah Desa Oro Orobulu Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan, jum’at (8/5), menggelar musyawarah Desa khusus penetapan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), bertempat di balai Desa Oro Orobulu, yang dihadiri oleh Kepala Desa Oro Orobulu Saikhu SH, Kapolsek Rembang AKP Sarianto SH, Camat Rembang Iyo Ashari, Danramil Rembang Kapten Arh Nono Supriantno, Ketua dan anggota BPD, Aparat desa, Tokoh Agama perwakilan masyarakat serta pendamping desa .

Musdes Khusus penentuan penerima BLT yang bersumber dari dana desa dipimpin oleh Ketua BPD Choirul .

Dalam sambutannya Kades Saikhu, mengharapkan kepada warga masyarakat penerima BLT untuk dapat menggunakan sebaik mungin, terutama pemenuhan kebutuhan pokok sehari hari.

“Saya berharap bagi masyarakat penerima BLT untuk dapat memanfaatkan bantuan yang diterima dengan bertangungjawab, serta digunakan untuk kebutuhan pokok dalam Situasi pandemi virus Corona ini,” harap Saikhu.

Kita semua berharap wabah virus ini segera berakhir, sehingga kehidupan masyarakat bisa normal kembali, terutama masalah perekonomian, lanjutnya.

Sementara itu pendamping Desa Mokhamad Sahlullah, menjelaskan mengenai BLT yang bersumber dari dana desa, karena masyarakat beranggapan BLT diberikan bagi semua masyarakat, akan tetapi Pemerintah membatasinya.

Mokhamad menjelaskan bahwa BLT diperuntukan bagi masyarakat miskin yang tidak mendapat bantun sosial seperti Program Keluarga Harapan, Bantuan Sembako Non Tunai, serta Bantuan Sosial Tunai, sesuai dengan 14 kareteria penerimaan BLT dana desa, diharapkan masyarakat agar dapat memahami dan memakluminya.

“Semua daftar penerima blt dana desa ini, sudah di verifikasi sesuai kriteria yang sudah di tetapkan pemerintah mas, jadi saya berharap warga masyarakat untuk bisa memahaminya,” ujar Mokhamad Sahlullah.

Kemudian musyawarah dilanjutkan dengan pembacaan daftar penerima BLT sebanyak 243 keluarga, dan diakhiri dengan penetapan penerima BLT Desa Oro Orobulu oleh ketua BPD.(Qomar)