Kades Sumber Petung Jawab Tegas, Isu Miring Dalam Pengangkatan Perangkat

0
94

MALANG —
Gonjang ganjing pemberhentian dan pengangkatan perangkat di desa Sumber Petung, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang terjawab sudah.
Banyaknya nada miring dan temuan beberapa data yang membuat warga desa Sumber Petung berasumsi adanya ketidak beresan dalam proses penggantian perangkat dijawab dengan tegas oleh Kepala Desa Sumber Petung, Hamim Achmad.

Hamim yang ditemui disela sela melakukan kegiatan pembagian sembako untuk warganya menerangkan, jika seluruh langka dalam pemilihan perangkat desa yang dilakukannya sudah sesuai dengan prosedur yang ada.

Pria asli Pasuruan ini juga menjelaskan sebab terjadinya pemilihan dan pengangkatan perangkat desa,
di karenakan adanya kekosongan empat perangkat di desanya.

Kekosongan empat perangkat itu dikarenakan dua perangkat mengundurkan diri secara sukarela, sedangkan dua lainnya diberhentikan karena tidak memenuhi persyaratan yang ada.
” Memang perangkat yang lama ada empat orang yang kami ganti, dua orang mengundurkan diri secara sukarela, sedangkan yang dua diberhentikan karena tidak memenuhi persyaratan ijazah dan faktor usia” terang Hamim.

Sedangkan di sisi lain adanya temuan dugaan kontrak politik semasa Hamim mencalonkan diri dan memberikan janji kepada pendukungnya untuk dijadika perangkat, pria kalem ini mengiyakan dan menjelaskan bahwa dirinya selaku Kepala desa terpilih, sesuai peraturan yang ada bisa memilih orang yang dipercaya untuk menempati posisi jabatan non-struktural di dalam pemerintahannya.

“Terkait itu(kontrak politik), kepala desa kan punya hak untuk memilih dan mengangkat pada posisi non-struktural” jelasnya

Lebih lanjut ketika disinggung nama yang ada di kontrak politik yang ditemukan, Hamim menerangkan bahwa nama yang ada sudah dijadikan pembantu perangkat guna menyatukan visi dan misi kerjanya.

“Dia (nama dalam kontrak) sudah kita fungsikan sebagai pembantu desa, sebagai tenaga non-struktural” tegasnya.

Hamim berharap kepada masyarakat, mendukung segala bentuk kerjasama yang baik untu membangun desa ke arah yang lebih baik pula.(Midianto)