Pemdes Haragandang Tetapkan 140 KK Penerima BLT-DD

0
80

 

BARITO UTARA — Pemerintah Desa Haragandang Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara (Kalteng), menggelar musyawarah desa khusus (musdesus) bersama Badan Permusyawaratan Desa(BPD), yang dihadiri camat lahei beserta unsur tripika, di Aula Kantor Desa setempat,selasa(19/5/20).

Dalam rangka penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai(BLT-DD) berjalan lancar.Validasi, finalisasi dan penetapan data keluarga calon penerima BLT-DD tahun 2020, perubahan APBDES tahun 2020.

Masyarakat penerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD)tahun anggaran 2020.sebagai tindak lanjut peraturan menteri desa PDTT dan surat edaran Bupati Barito Utara, tentang perubahan perioritas penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2020.

Musdessus Desa Haragandang dihadiri Camat Lahei,Wakapolsek Lahei, Babinsa Koramil Lahei, Babinkamtibmas Polsek Lahei, Pendamping Desa, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda dan peserta penerima BLT-DD.

Kepala Desa Haragandang Herdana, mengatakan musdes ini khusus untuk validasi dan finalisasi data calon, penerima BLT dana desa (DD)Desa Haragandang, sesuai dengan peraturan menteri desa.

Menurutnya, sasaran BLT dana desa tersebut untuk keluarga kurang mampu non-PKH, program Penaggulangan Kemiskinan dari Kementerian Sosial dan BPNT(bantuan pangan non tunai).

“Berdsarkan hasil musyawarah desa, sepakat penerima BLT-DD sebanyak 140 KK dari 167 KK yang ada di desa, dari hasil validasi pendataan cek lapangan oleh petugas, akan di salurkan dan cairkan secara tunai dlm bulan ini,”ungkapnya.

Dengan adanya bantuan BLT-DD yang akan disalurkan ini, kata Herdana, semoga masyarakatnya dapat terbantu dan bisa dipergunakan untuk kebutuhan sehari hari, agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

Disaat Musdessus dilansungkan, Camat Lahei, Rursihan juga menyampaikan yg sudah melaksanakan musdes khusus, tidak ada kendala yang sinifikan,di Kecamatan Lahei yg pertama melaksnakakan musdes khusus penetappan BLT-DD, adalah Desa Muara Bakah dan Desa Haragandang.

Dikatakannya dengan dilaksanakannya musyawarah khusus Desa Haragandang ini, diharapkan nanti penyaluran bantuan lansung tunai ini, tepat sasaran pembagiannya, harapan kepada masyarakat yang terimbas maraknya Virus Corona(covid-19).

“semoga bantuan yg diberikan pemerintah Desa ke masyarakat, bisa meringankan beban dan bermamfaat,” tegasnya.  (SS).