Cegah Virus Corona Kampung Tangguh Diresmikan

0
37

LUMAJANG – Demi untuk mencegah meluasnya pandemik Covied 19 di Lumajang yang hingga saat ini belum ada anti virusnya, dilaksanakan Peresmian Kampung Tangguh yang ditempatkan di Kantor Desa Banjarwaru Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Rabu, (27/5/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri jajaran Forkompimda Lumajang yakni Bupati Lumajang, Kapolres Lumajang, Dandim 0821 Lumajang dan Danyon 527/BY Lumajang.

Dalam sambutannya Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar, S.I.K,M.Si menyampaikan puji syukur diawal bulan syawal ini masih diberi kesempatan untuk hadir dalam peresmian pilot project Kampung Tangguh Covid 19.

“Saya bersyukur masih diberi kesempatan hadir dalam peresmian pilot project Kampung Tangguh Covid 19 di Desa Banjarwaru ini. Saya berharap nantinya seluruh desa se Kab. Lumajang juga melaksanakan kegiatan yang sama sebagai upaya melawan virus Corona,” kata Adewira.

“Kegiatan ini merupakan inisiasi Forkopimda Pemprov Jatim. Kampung Tangguh di wilayah Jawa Timur segera terbebas dari pandemi Virus Corona, karena kondisi saat ini angka ODP, PDP dan Confirm masih tinggi,” lanjutnya.

Adewira menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kades Banjarwaru atas kesiapan kampung tangguh yang dilakukan diluar ekspetasinya. Di kesempatan itu dia juga menyempatkan diri untuk berpamitan.

“Saya juga mau pamit, karena saya mendapat perintah untuk pindah tugas, di waktu yang singkat ini sudah menggoreskan tinta emas di hati saya,” ujarnya.

Sedangkan Dandim 0821 Lumajang, Letkol Inf. Ahmad Fauzi, SE menyampaikan bahwa kampung tangguh merupakan inisiasi dari Provinsi.
“Ini merupakan bentuk sinergitas yang solid. Pandemi ini tidak cukup sampai disini akan tetapi akan ada terus, dan akan memasuki era new normal,” ujar Dandim.

“Sesuai dengan arahan Presiden, penanganan Covid 19 harus dilakukan secara terus menerus, sebab akan berpengaruh terhadap perekonomian. Maka kita harus berdamai dengan Virus Corona dalam artian tetap melaksanakan protokoler kesehatan,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML mengapresiasi Desa Bajarwaru yang sudah menerapkan protokoler kesehatan Covid 19.

Namun demikian dirinya juga mengapresiasi desa – desa lainnya yang juga menerapkan protokoler kesehatan Covid.

Thoriq meminta semua camat agar melakukan pendampingan kepada seluruh kepala desa untuk penggunaan Anggaran Dana Desa yang bisa dilakukan untuk pelaksanaan Kampung Tangguh.

“Kepada Camat tolong sampaikan ke kades, jangan sampai masih ada pemilihan kepada penerima bantuan yang merupakan dampak pasca pilkades,” pesan Thoriq.

Dirinya menyadari, masalah tidak tepat sasaran memang masih ada, akan tetapi jajaran Forkopimda sudah mengantisipasi hal itu, untuk kembali menggerakkan roda perekonomian agar tidak timbul gejolak di masyarakat. (red)