30 Relawan Covid 19 Sidoarjo, Dapat BPJS Ketenagakerjaan Gratis

0
14

 

SIDOARJO — Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo, Muhyidin SE, MM, memberikan kartu jaminan perlindungan kecelakaan kerja dan jaminan kematian gratis kepada relawan covid 19 di kabupaten Sidoarjo, penyerahan bantuan ini diserahkan di Posko Informasi Covid-19 Kabupaten Sidoarjo yang berada di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (27/5/2020).

Muhyidin menjelaskan, jika perlindungan tersebut meliputi segala kecelakaan yang berhubungan dengan kegiatan relawan Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo. Contohnya, ketika terjadi kecelakaan saat berangkat bekerja (menjadi relawan), maka hal tersebut akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan selama 3 bulan secara gratis.
Pada tahap awal dari program ini dilakukan di tingkat pusat, dimana sudah diserahkan sebanyak 8000 kartu kepada relawan covid 19 secara nasional.

Dengan adanya program dari pusat ini kemudian kami menyisir lagi ke daerah dan ternyata di Kabupaten Sidoarjo banyak ditemukan relawan yang belum punya perlindungan sama sekali bila terjadi resiko kecelakaan, disamping itu mereka juga beresiko terjangkit atau terjadi penularan bahkan sampai meninggal dunia, untuk itu kami berusaha berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dengan meminta data para relawan yang selanjutnya diproses hingga pada hari ini kami serahkan secara simbolis, dan ini masih tahap awal dan selanjutnya terus kamu gali data-data relawan agar tujuan kami memberikan perlindungan kepada seluruh relawan dapat terwujud, ungkapnya.

Plt. Bupati H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH sangat berterima kasih atas peran serta BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Sidoarjo dengan memberikan Kartu Jaminan Kesehatan bagi 30 orang petugas relawan covid 19 di Sidoarjo, dimana kegiatan ini merupakan himbauan dari pusat sampai ke bawah yaitu ke daerah, di sampaikan juga BPJS memberikan jaminan, berupa jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan dan jaminan kematian, selama 3 bulan kedepan, pihak BPJS akan menjamin bantuan kesehatan seperti jika terjadi kecelakaan BPJS akan mengcover sampai sembuh, dan apabila terjadi peristiwa yang menyebabkan meninggal dunia akan diberikan santunan sebesar 42 juta.

Menurutnya ini merupakan sumbangsih yang luar biasa karena merupakan kerjasama dan kolaborasi yang bagus yang bisa dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo dan hal ini bisa memberikan semangat yang lebih baik lagi untuk para relawan covid 19 karena relawanlah yang rentan terhadap kecelakaan dan rentan terhadap permasalahan karena mereka berhubungan langsung dengan masyarakat terdampak, sehingga meraka harus dilindungi dengan memberikan jaminan kecelakaan, sakit dan juga kematian. (yuli)