Tatanan Kelaziman Baru Bakal Diberlakukan Mulai Awal Juni 2020

0
30
Swalayan akan dibuka dengan standard New Normal/foto. Asyaf

CIMAHI – Tatanan/kelaziman baru kehidupan atau disebut New Formal pasca pandemi Covid19, khususnya di Cimahi, akan diberlakukan secara bertahap mulai 1 Juni 2020.

Secara bertahap, pelonggaran PSBB mulai dilakukan, meski pandemi Covid19 masih berada ditengah kehidupan masyarakat.

Padahal, WHO mengatakan Indonesia masih belum memenuhi kriteria standar untuk memberlakukan new Normal. Terutama jika dinilai dari kesiapannya. Khususnya kriteria yang mengacu pada konsep stat at home yang mengharuskan orang untuk tetap diam di rumah.

Dikutip dari wawancara VoA Indonesia, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, dr. Iwan Ariawan, MS, yang mengatakan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memang berhasil mengurangi pergerakan masyarakat dan menekan penularan virus.

Namun berbeda dengan, dr. Dicky Budiman dari Pusat Studi Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat (CEPH) Griffith University, Australia, yang mengatakan pelonggaran PSBB sedianya hanya dilakukan ketika sebuah negara sudah melewati puncak kurva wabah.

Bahkan, dr. Dicky menyarankan pemerintah untuk mengikuti 6 kriteria dari WHO sebelum menerapkan kenormalan baru.

Tiga pertimbangan pertama adalah pengawasan kuat dan penularan terkontrol; punya kapasitas deteksi, isolasi, tes, rawat, dan telusur kontak; dan risiko wabah diminimalisir.

Saat dikonfirmasi melalui melalui Whatsapp terkaitan penerapan new normal, kepala Satpol PP kota Cimahi, H. Totong Solahudin mengatakan, pada dasarnya new normal adalah perubahan perilaku untuk semua komponen agar masyarakat dapat memproteksi diri dari wabah Covid19.

“Hal yang mendasar guna mencegah penyebaran Covid19 adalah memperkuat iman dengan selalu berdoa pada Tuhan dan menjaga imunitas tubuh, membudayakan cuci tangan dengan memakai sabun dalam air yang mengalir, menggunakan masker dan tetap jaga jarak aman minimal 1 meter. Jangan lupa, hindari kerumunan banyak orang. Begitu sampai di rumah, segera membersihkan badan sebelum manyentuh sesuatu yang ada di rumah, ” imbau Totong. (Wan Asyaf)