DPRD Simpulkan Tarif Pembayaran Tagihan Listrik Pelanggan

0
20

 

BARITO UTARA –Rapat Dengar Pendapat(RDP) gabungan anggota Dewan, yang dipimpin Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD)Barito Utara, Permana Setiawan,ST didampingi Wakil Ketua II Sastra Jaya.Dihadiri oleh Eksekutif yang Beragendakan PT.PLN dan YLKI mengenai kenaikan tarif pembayaran tagihan listrik pelanggan.

Berdasarkan kesimpulan paparan, tanya jawab dan penjelasan dari hasil RDP yang telah digelar oleh DPRD Barito Utara, Selasa(9/6/20), bahwa perlu adanya sosialisasi, kepada masyarakat mengenai kenaikan pembayaran tagihan listrik.

Diharapkan ada kebijakan dalam pembagian cicilan pembayaran selisih, untuk meringankan pembayaran tagihan listrik bulan berikutnya, perlu adanya identifikasi pelanggan atau warga yang mengalami lonjakan pembayaran tagihan listrik.

Selanjutnya, pelanggan yang mengalami kenaikan lebih dari 100 persen akan dijemput bola untuk memberikan informasi terkait lonjakan pembayaran tagihan listrik, terkait dasar hukum perhitungan rata-rata akan diberikan menyusul.

Begitu juga bagi pelanggan yang belum mendapatkan informsi mengenai lonjakan pembayaran, bisa mendatangi Kantor PLN diwaktu jam kerja mulai pukul 07.00 wib sampai dengan pukul 16.00, atau melalui nomor Telpon yang telah ditentukan.

Pihak PT.PLN Muara Teweh akan berkoordinasi dengan kantor ULP3 Kuala Kapuas, terkait uaulan penambahan lama waktu cicilan 60 persen selama tiga bulan menjadi emam bulan.

Bagi pelanggan yang memiliki daya kontrak 900 dan 1300, yang inggin mendapatkan subsidi bisa mengajukan permohonan ke Kelurahan atau Kecamatan, dengan mengisi folmulir subsidi djk.esdm.go.id, yang nantinya akan diteŕuskan ke Pusat TNP2K(Tim Nasional Penanganan Percepatan Kemiskinan).

Sebagai kesimpulan penutup dari RDP ini,berkenaan dengan tagihan yang melonjak,bagi pelanggan yang tidak dapat melunasi tagihan listrik diatas tanggal 20, diusulkan agar diberikan kelonggaran pembayaran dan tidak diberikan denda atau pemutusan jaringan listrik ke UP3 Kuala Kapuas atau Kantor wilayah KSKT.  (SS).