KPU Barut Sosialisasikan Pilgub Kalteng 9 Desember 2020

0
32

 

BARITO UTARA –Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Barito Utara, melakukan Sosialisasi rapat koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka, menindaklanjut UU no.2 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas UU no.1 tahun 2015 dan tentang peraturan pengganti UU no.1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur ,Bupati dan Walikota.Rapat dimaksud adalah, tahapan dan program jadwal pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Kalimantan Tengah tahun 2020.

Ketua KPU Barito Utara Malik Muliawan,SH. Senin 22/6/20 menyampaikan sesuai keputusan dari KPU pusat,bahwa pemilihan Gubernur Kalimantan Tengah akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.Maka dengan demikian hal tersebut KPU Barito Utara, mohon dukungan semua dari pihak agar kegiatan berjalan dengan sukses dan lancar sesuai dengan tahapan yang ditentukan.

“KPU Barito Utara juga dalam setiap tahapan kegiatan akan melakukan koordinasi, konsultasi dengan tim terpadu Gugus Tugas Covid-19 menyesuaikan situasi dan kondisi saat ini,”Jelas Malik.

Agar meningkatnya  partisipasi  masyarakat diatas 77.5 persen dimasa pandemi Covid-19, maka sosialisasi melalui media mempunyai peran serta yang sangat besar, tambahnya.

Menyikapi publikasi kepada masyarakat, Kepala Dinas Komunikasi  Informatika dan Persandian, M.Iman Topik  memberikan dukungan penggunaan space rangka baliho, akun resmi media sosial dan LPPL Radio Batara yang dikelola Diskominfosandi digunakan untuk  sarana penyampaian Informasi  publik.

Dikatakan Kadiskominfosandi,kita akan selalu mendukung program dan tahapan yang akan dilaksanakan,guna suksesnya pilgub, wagub yang akan datang dan bila diperlukan tim teknis Diskominfosandi siap berpartisipasi.

Anggota komisioner KPU Siska, menyampaikan jumlah pemilih sementara 107.380 orang meliputi laki-laki 55.720 dan perempuan 51.660 orang.
Sedangkan data yang disampaikan, Riadi perwakilan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk wajib KTP di Barito Utara tertanggal 20 Mei 2020 berjumlah 110.289 orang, KTP yang sudah tercetak 103.192 orang sedangkan yang belum perekaman 6957 orang, direncanakan pada bulan Juli dan Agustus akan datang,dilakukan pencetakan bagi warga usia 17 tahun keatas sebelum pilkada dilaksanakan, ungkapnya.

Sosialisasi yang telah berlangaung di Aula Kantor KPU Barut,diikuti Ketua KPU Beserta Komisioner,  Kadiskominfo,Kabag OPS Polres Barito Utara,Kesbangpol,  Disdukcapil, Dinas Kesehatan, pimpinan Telkomsel dan Banwaslu. (SS).