Bupati Akui Kopwan Kencana Mas Desa Jambekumbu Topang Perekonomian Anggota

0
39

LUMAJANG — Bupati Lumajang, Thoriqul Haq kunjungi Paguyuban Koperasi Wanita (Kopwan) Kencanka Mas dusun Gencono Desa Jambekumbu Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Sabtu (27/6/2020),

Dalam kunjungannya, Bupati menilai Kopwan Kencana Mas ini banyak memiliki naluri bisnis yang tinggi. Hal itu dapat diketahui dari proses kegiatannya dilakukan berdasarkan prinsip, nilai dan norma aturan yang harus ditaati.

“Kopwan Kencana Mas ini saya nilai memiliki naluri bisnis yang tinggi. Buktinya koperasi ini dapat berkembang dan semua anggota dapat menikmati manfaatnya,” kata Thoriq

Menurutnya, koperasi seharusnya terus berkembang, jika sebuah koperasi telah berdiri dalam waktu yang cukup lama tanpa ada perkembangan, itu berarti ada suatu kondisi internal yang perlu dibenahi.

“Coba cek kondisi internalnya secara detail, baik masalah operasionalnya maupun masalah menajerialnya. Jika terdapat ketidak sesuaian, maka segera benahi masalahnya,” kata Thoriq.

Pada kesempatan itu Thoriq juga memaparkan tentang penerapan kebijakan koperasi. Dimana modal yang terkumpul adalah dari dana titipan para anggotanya, sebagai modal bersama.

“Koperasi seperti ini adalah contoh yang benar. Ini sudah benar, sebab koperasi ini sudah melakukan langkah langkah yang seauai aturan. Saya tidak ingin ada koperasi yang menyalahi aturan. Jangan ada koperasi yang mengganggu masyarakat dengan memberikan pinjaman dengan bunga yang mencekik,” tuturnya..

Dirinya mennyatakan akan terus mengupayakan pembangunan masyarakat yang di dalamnya terdapat peran kopwan.

“Saya berharap agar kopwan mampu menjadikan Kabupaten Lumajang lebih bagus perekonomiannya. Seperti Kopwan Kencana Mas ini, bisa dijadikan contoh bagi koperasi koperasi lain bahkan bisa menjadi contoh pada tingkat nasional,” ujarnya..

Sementara itu, Kepala Desa Jambekumbu, Subaeri mengakui tata kelola koperasi ini sangat baik, sehingga kegiatannya bisa berjalan lancar dan berkembang.

“Pengelolaan tugas dan pengelolaan keuangan dari masing masing anggota dalam koperasi ini sangat jelas dan rapi. Semua hal yang berkaitan dengan urusan koperasi diatur secara rinci dan juga ditaati oleh semua anggotanya,” tutur Subaeri saat ditemui media ini.

Di tempat terpisah, Ketua Paguyuban Koperasi Kencana Mas, Sunarti ketika ditanya mengenai Rapat Anggota Tahunan (RAT), menjelaskan tujuan RAT itu dalam rangka penyampaian pertanggung-jawaban pengurus dan pengawas Kopwan di hadapan anggota, sebagai pemilik sekaligus pengguna. Ia menjelaskan bahwa RAT Kopwan Kencana Mas sudah dilaksanakan pada bulan Januari yang lalu.

“Rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi dengan jumlah yang hadir, dan yang hadir pada RAT kemarin sebanyak 634 anggota,” terangnya. (tim)