Simulasi Uji Coba KBM Madin dan TPQ

0
26

PASURUAN – Mengacu Surat Edaran (SE) Bupati Pasuruan, FKDT menggelar simulasi uji coba Penyelenggaraan Pembelajaran Madin dan TPQ, bertempat di Madrasah Diniyah yang ada di Kecamatan Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan, Rabu (24/6/2020).

Penyelenggaraan tersebut, memperagaan bagaimana santri saat tatap muka, antara lain, santri sudah mengambil wudu di rumah, memakai masker, dan wajib menjaga jarak 1 meter dengan teman lainnya. Pelaksanaan itu dipantau oleh tim monev kecamatan yang terdiri dari Camat Gondang Wetan, Kepala KUA Penyuluh Agama, Pergurat, Kesehatan, Fusilat, Kepala Madin dan TPQ Kecamatan Gondang Wetan.

Dalam kesempatan itu, Camat Gondang Wetan, Rahmat MM mengatakan bahwa kegiatan ini berkaitan dengan aturan bagi Madin dan TPQ yang mau membuka Kelompok Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka.

“Kegiatan ini digelar sesuai Surat Edaran (SE) Bupati,” ujarnya. “Termasuk mengatur kewajiban lembaga untuk menyediakan tempat cuci tangan, memberikan titik physical distancing, dan menggelar KBM separo dari waktu biasanya,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PDPontren) Kemenag Kabupaten Achmad Sarjono mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Madin, kecamatan, dan Pemkab Pasuruan.

“Hasilnya, mulai hari selasa kemarin (23/6) digelar uji coba KBM tatap muka,” tambahnya.

Hari ini, simulasi uji coba dilaksanakan di Madin Wonosari Kecamatan Gondang Wetan. Kegiatan ini difasilitasi oleh Pemkab Pasuruan dan Kemenag. (trn/hin)