Bangun Kampus Baru di Desa Burno, UIN Siapkan Fakultas Islamic Studies

0
194

 

LUMAJANG – Pemkab Lumajang berencana membangun Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) di atas lahan seluas 50 hektare, tepatnya di Desa Burno Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Informasi yang didapat media ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, nantinya beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Achmad Siddiq.

Keberadaan Kampus UIN di Desa Burno nantinya akan membawa percepatan pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) dan taraf hidup maayarakat.

Hal itu, disampaikan Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M.ML., saat acara Silaturrahmi Ulama Kabupaten Lumajang dan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur, di halaman Belakang Pendopo Arya Wiraraja, Jumat (03/07/2020) malam.

“Rektor IAIN Jember Prof. Babun sudah menyampaikan komitmen kepada saya, untuk kampus UIN KH. Achmad Siddiq yang ada di Lumajang nanti karena lebih luas, maka seluruh fakultasnya adalah Fakultas Islamic Studies atau kajian islam, untuk fakultas agama akan tetap berada di Jember,” lanjut Bupati Thoriq.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur Ahmad Zayadi mengungkapkan, bahwa dirinya mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lumajang atas program-program kemitraan dengan madrasah dan pesantren.

Pada kesempatan itu ia menyampaikan harapan, ke depan kabupaten/kota seluruh Jawa Timur dapat mengadopsi atau meniru program Pemerintah Kabupaten Lumajang.

“Harapan kami, apa yang dilakukan oleh Bupati Lumajang ini menjadi contoh untuk kabupaten/kota yang lain, baik di Jawa Timur maupun diluar Jawa Timur. Mudah-mudahan Lumajang bisa mewarnai Jawa Timur bahkan Indonesia,” ungkap dia.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Babun yang juga Ketua Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islamt Negeri (PTKIN) se-Indonesia membenarkan, bahwa dalam waktu dekat IAIN Jember akan beralih status menjadi UIN KH. Achmad Siddiq.

“Prodi (program studi, red) agama ada di Jember, dan prodi umum nanti insyaallah akan kami tempatkan di Kabupaten Lumajang,” terangnya. (red)