Wabup Hadiri Gelaran FGD BPJS Ketenagakerjaan

0
49

 

LUMAJANG — Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menghadiri gelaran FGD yang digelar bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Jember, bertempat di Loji Dusun Tawon songo Kecamatan Pasrujambe, Sabtu (4/7/2020).

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, mengajak seluruh pekerja di Kabupaten Lumajang untuk mengikuti kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, sehingga nantinya pekerja mendapatkan jaminan dan perlindungan sosial.

Ia mengatakan, bahwa jika semua pekerja di Lumajang telah tercover BPJS Ketenagakerjaan, tentunya para pekerja juga akan lebih merasa aman dan tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita ingin semua pekerja segera mengikuti BPJS Ketenagakerjaan, baik di bawah koordinasi Kepala PD (Perangkat Daerah, red), Guru PAUD, Yayasan Pendidikan, perusahaan – perusahaan, penambang pasir, pekerja sosial, serta kelompok-kelompok kerja yang lain,” kata dia.

Lebih lanjut Bunda Indah menjelaskan maanfaat yang akan diterima peserta BPJS Ketenagakerjaan diantaranya, jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian serta jaminan pensiun. Sedang iuran dalam BPJS itu dinilai rendah.

“Jadi ini iurannya tidak mahal, dan manfaatnya banyak. Itu sebabnya, saya ingin mengajak dan mengharapkan agar seluruh pekerja di Lumajang mendapatkan jaminan dan perlindungan sosial tenaga kerja,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Ia juga menganjurkan kekutsertakan perangkat di seluruh pemerintah desa, yang terdiri dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD), RT/RW serta perangkat lainnya pada tahun yang akan datang, di bawah koordinasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD),

“Tahun depan saya harapkan agar semua pemerintah desa harus mengikutsertakan BPD dan RT/RW nya,” imbuhnya.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum pemerintah yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI untuk memberikan perlindungan bagi tenaga kerja dalam menghadapi resiko sosial ekonomi tertentu akibat hubungan kerja.

Sementara Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jember Edy Suryono menyampaikan paparan tentang anjuran pemerintah terhadap dukungan kepada para pekerja untuk mengikuti BPJS Ketenagakerjaan.

“Jadi pelaku usaha di Lumajang dari semuanya ya, baik yang formal maupun in-formal itu memang tidak lupa dari dukungan pemerintah daerah, dan itu sebabnya kita akan dukung, kemudian pelaku usahanya juga akan kita bantu,” kata dia.

Ia menambahkan, semua masukan dari peserta FGD diharapkan adanya kesinambungan program kegiatan yang dilakukan sehingga penyediaan tenaga kerja akan match dengan permintaan tenaga kerja.

“Juga diperlukan identifikasi potensi keahlian yang sesuai perkembangan lapangan kerja dan kemajuan teknologi berkesinambungan,” tuturnya. (tim/red)