Lestarikan Hutan, KTH Taman Jaya Bondowoso Dibentuk

0
474

 

BONDOWOSO– Bertempat di aula kantor Desa Sumber Anyar Kecamatan Jambesari Kabupaten Bondowoso, kerjasama kelompok tani hutan dengan Dinas Kehutanan Jember di bentuk, Kamis (16/7/2020). Kerjasama itu dibentuk karena hutan yang ada di Desa Sumber Anyar tersebut masuk Wilayah Kehutanan Jember,

Dalam kesempatan terabut, Penyuluh Dinas Kehutanan Jember, Sugiati menjelaskan tujuan pembentukan tani hutan ” Taman Jaya”.

“Tujuannya adalah, bentuk kerjasama tanaman pokok kehutanan, yaitu pinus, yang disampingnya bisa di tanamani sengon laut, duren , kopi, bambu dan lada,” jelas Sugiati.

“Dengan harapan, petani bisa melestarikan tanaman hutan yang ada, untuk mendapatkan penghasilan dari tanam sampingan seperti yang tersebut di atas ” paparnya.

Pembentukan itu dihadiri oleh tim penyuluh dinas kehutanan Jember, Pemdes Sumber Anyar, anggota BPD dan Tokoh Mayarakat (Tomas) Desa setempat.

Dengan terbentuknya Kelompok Tani Hutan Taman Jaya ini, Kepala Desa Sumber Anyar, Sayidi S.Sos, mengajak masyarakat untuk bekerja optimal.

“Mari kita bekerja yang optimal demi majunya Desa Sumber Anyar ini, setidaknya KTH Taman Jaya ini dapat menjadi contoh Kelompok Tani Hutan lainya, terutama di wilayah Bondowoso dan Jember,” ajak Kades Sumber Anyar.

Pantauan media ini, proses pembentukan Kelompok Tani Hutan berjalan lamcar tanpa hambatan, bahkan mendapat respon positif dari kalangan masyarakat..( ARI N SY)