Dampak Pandemi Terhadap Sendi Kehidupan

0
96

 

Oleh: Dwi Angga NH.

Pandemi Covid 19 yang kini terjadi di bumi ini masih menjadi momok yang menakutkan bagi umat manusia, karena akan berpengaruh terhadap semua segi kehidupan.

Ketika artikel ini diturukan sudah 98.778 orang yang terjangkit virus, diantaranya 56.655 di nyatakan sembuh, dan 4.781 pasien meninggal dunia.

Segala macam cara sudah di kerahkan semaksimal mungkin oleh pemerintah, dari kebijakan wajib memakai masker saat keluar dari rumah, jaga jarak, sering sering mencuci tangan
termasuk himbauan terhadap warga untuk tidak keluar rumah, kecuali jika ada kepentingan yang sangat mendesak.

Tapi tidak sedikit orang yang melanggar atau bahkan menyepelekan aturan tersebut.

Mungkin dari kebanyakan orang masih belum terbiasa melakukanya, sehingga lebih nyaman melakukan aktivitas dalam kondisi normal.

Dampak dari pandemi ini sangatlah besar sekali, dari pendidikan sekolah yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, sekarang harus melakukannya di rumah dengan metode daring (belajar online).

Pemerintah menaruh perhatian yang sangat tinggi menyikapi kondisi ini, sehingga di buatkan pembelajaran melalui tv yang mempermudah peserta didik untuk belajar di rumah tanpa ada tatap muka langsung.

Bukan hanya pendidikan saja yang mendapat dampaknya, dalam bidang ekonomi juga mengalami dampak yang sangat serius akibat pandemi ini.

Salah satunya banyak sekali pasar yang di tutup, tidak sedikit pekerja yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), akses jalan banyak yang di tutup sehingga memperhambat pengiriman yang membuat ekonomi terhambat.

Dalam sektor pariwisatapun ikut terkena dampaknya, tempat tempat wisata banyak sekali yang di tutup .

Dari dampak yang terjadi, membuat seseorang berfikir keras untuk mempertahankan hidup dan penghidupan dalam situasi pandemi ini.

Tetapi saat ini pemerintah memberikan kebijakan baru yaitu new normal (kenormalan baru). New normal adalah suatu keadaan di mana aktivitas sudah mirip seperti keadaan sebelum pandemi, akan tetapi ada perbedaan dalam segi kesadaran akan kesehatan atau memperhatikan protokol kesehatan.

Bukan kembali dalam keadaan yang asli seperti dulu, karena sebenarnya keadaan sekarangpun meski sudah new normal tetap ada virus yg berada di sekitar kita.

Buktinya angka kasus positif covid 19 ini tiap hari terus menerus meningkat, New normal menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengatasi semua dampak yang di akibatkan oleh covid 19 ini.
Manfaatnya keadaan ekonomi yang selama ini terhambat, sekarang pun sudah bisa berjalan dengan baik meski tetap perlu memperhatikan protocol kesehatan.

Apakah bisa virus ini akan benar-benar musnah?

Pertanyaan yang seringkali menghinggap di pikiran ini, Covid 19 merupakan sebuah virus yang baru dan sangat berbahaya bagi tubuh.

Sudah banyak sekali berita yang mengabarkan bahwa vaksin untuk mengobati virus ini telah diproses, entah sampai kapan vaksin ini akan jadi dan mulai di gunakan.

Yang terpenting untuk mencegah terjangkitnya covid 19 ini kita sebisa mungkin mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Mari kita lawan bersama pandemi ini, semoga saja pandemic ini cepat cepat berakhir.