Rayakan Idul Adha 1441H, Polres Pasuruan Potong 108 Ekor Ternak

0
25

PASURUAN – Melalui ibadah qurban ini kita tunjukkan nulai-nilai keimanan, ketundukan dan ketaatannya hanya kepada Allah sebagaimana yang Nabi Ibrahim ajarkan saat juga melepaskan diri dari kelengketannya kepada dunia, baik jasadnya, jiwanya, hatinya, maupun ruhnya. Hal itu diungkapkan oleh Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K, S.H, M.H. sesaat setelah menjalankan sholat Idul Adha 1441H di halaman Mapolres yang diikuti ratusan anggotanya.

Kapolres juga menyampaikan, di samping nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam ibadah qurban, juga terdapat nilai-nilai sosial.

“Khususnya di tengah pandemi Covid19 yang masih melanda dunia hingga saat ini, dibutuhkan kepedulian sosial antar sesama agar bisa melewati masa sulit,” imbaunya.

Dia menambahkan, dalam setiap ibadah yang Allah syariatkan diantaranya terkandung nilai-nilai sosial, seperti zakat, shadaqah, waqaf, shalat, haji, puasa, aqiqah, dan sebagainya. Islam adalah agama yang tidak dapat dipisahkan dari sosial, didalamnya terdapat nilai-nilai sosial-kemanusiaan, seperti berbuat baik kepada tetangga, menolong orang lain, berbakti kepada kedua orang tua, menyantuni anak yatim, menjenguk orang sakit, memberi makan fakir miskin, dan sebagainya.

“Saya harap, momentum ini dapat memotivasi seluruh anggota Polisi agar lebih ikhlas dalam melayani dan mengayomi masyarakat,” harap Kapolres.

Pada saat yang sama, Rofiq juga mengungkapkan, pada Idul Adha kali ini, Polres Pasuruan memotong 20 ekor sapi dan 88 kambing.

“Nantinya, daging-daging qurban ini akan dibagikan pada masyarakat yang dinilai layak untuk menerimanya,” pungkasnya. (qomar)