Pemda Melalui BPBD Barut Gelar Rakor Pencegahan Karhutla

0
343

 

BARITO UTARA -Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui BPBD menggelar Rapat koordinasi pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA)di wilayah Kabupaten Barito Utara,Rakor itu telah dilangsungkan pada Aula Setda, Rabu(5/8/20).

Rapat Koordinasi pencegahan dan pengendalian Karhutla,dihadiri Sekda Barito Utara, Kepala BPBD, Wakapolres,Kasdim 1013 Muara Teweh,Perwakilan Manggala Agni, Kepala BMKG dan perwakilan Dinas Lingkungan Hidup.

Dalam paparannya Kepala BPBD Barito Utara telah berkoordinasi dengan Bupati, mengenai melayani masyarakat di masa pandemi covid-19 untuk bisa melakukan pembukaan lahan,hal ini tentunya agar tidak terjadi kebakaran hutan.

Disaat Rakor tersebut berlangsung Kasdim 1013 Muara Teweh
mengingatkan didalam situasi pandemi,mudah-mudahan Perda yang masih dalam perbaikan segera terbit,sehingga kami yang tergabung di dalam satgas bisa menindak apabila melakukan pembukaan lahan sesuai waktu yang tidak di tentukan,”kata M.Abadi.

“Mari kita bersama-sama menguatkan ketegasan dengan membawa misi antara TNI-POLRI,BPBD, Manggala Agni dalam patroli pencegahan kebakaran hutan, dan pada prinsipnya ini semua demi kebaikan bersama,”ungkap Kasdim.

Wakapolres Barito Utara
mengharapkan agar dibentuk posko terpadu, yang keberadaan posko tersebut sebagai antisipasi pos kendali,yang ada di posko Kecamatan untuk mengantisipasi Karthutla, sehingga personil Satgas yang ada diposko berstatus sianga,dapat di tingkatkan penambahan volume patroli setiap hari.

Pemkab Barito Utara melalui Sekda Ir.H.Jainal Abidin,M.AP menyampaikan bahwa kita harus segera membentuk posko terpadu, masyakarat juga meminta payung hukum agar petani bisa melakukan pembukaan lahan dan bercocok tanam secara tradisional.

Bersama tim terpadu mengajak masyarakat melalui sosialisasi,agar dipasangkan spanduk himbauan larangan membakar hutan serta ajakan untuk menjaga kawasan hutan,tutup Sekda. (SS).