Program LET’S GO Dukung Pemkab Cetak SDM Unggul di Era Industri 4.0

0
45

 

LUMAJANG — Kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu syarat penting untuk dapat mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di era industri 4.0. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur melalui LPPL Radio Suara Lumajang FM 104.1 membuat program siar Lumajang English Talk Show for Grabbing Opportunity (LET’S GO!).

“Kami ingin memberikan panggung bagi masyarakat yang memiliki kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris untuk dapat mengekspresikan cita-cita, keinginan, ide dan gagasan, yang kemudian bisa mengedukasi masyarakat melalui radio,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang Bekti Sawiji saat diminta keterangan melalui telepon selulernya, Sabtu (8/8/2020).

Bekti juga mengatakan, bahwa selain memfasilitasi masyarakat yang mempunyai kemampuan berkomunikasi Bahasa Inggris, pihaknya juga ingin agar masyarakat lebih mengenal dan mendalami Bahasa Inggris sebagai sarana menguasai informasi di era sekarang.

Lanjut dia, diharapkan agar program siar tersebut dapat menjadi embrio kelahiran komunitas-komunitas pengguna Bahasa Inggris di Lumajang, sekaligus untuk menarik minat masyarakat yang selama ini memendam kemampuan berbicaranya dalam Bahasa Inggris untuk berpartisipasi, misalnya menjadi narasumber atau sekedar fans atau penelpon.

Menurut dia, progam siar tersebut akan memberikan manfaat bagi para pendengar yang mengikuti acaranya, karena dengan mendengar masyarakat akan mendapatkan informasi sekaligus mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris.

“Pogram ini dapat merangsang pendengar untuk mendalami kemampuan Bahasa Inggris mereka. Dan, dampak jangka panjangnya adalah menyiapkan masyarakat Lumajang sebagai tuan rumah wisata bagi tamu-tamu yang datang dari berbagai negara,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas dan Kemitraan Media Massa Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang Isaac Hardy Yuwono menjelaskan, adapun mekanisme dari program siar LET’S GO! tersebut adalah acara bincang-bincang berbahasa Inggris dengan menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan atau komunitas.

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan, bahwa pihaknya akan menghadirkan narasumber dari kalangan pendidikan, yakni pejabat Dinas Pendidikan yang dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, Guru-guru Bahasa Inggris yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris, Guru non Bahasa Inggris tetapi memiliki minat dan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, siswa yang mampu berbahasa Inggris, guru-guru yang mengajar di kursus-kursus bahasa Inggris, serta komunitas-komunitas pecinta Bahasa Inggris.

“Jadi, nanti perbincangannya akan membahas beragam tema, mulai dari tema keseharian, pendidikan, pariwisata, dan tema-tema menarik lainnya. Dan, program ini akan ditayangkan dua kali dalam satu bulan, pada hari Senin, dengan durasi 60 menit,” jelas dia saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Sabtu (8/8/2020)

Ia menanbahkan, bahwa acara tersebut juga disiarkan secara live melalui akun media sosial platform facebook @LPPL SuaraLumajang. Dan, jika ada masyarakat yang tidak memiliki radio analog bisa mengunduh aplikasi LPPL Radio Suara Lumajang di playstore. (Kom/red).