KONSEP RELIGIUS MPLS SMPN 1 GRATI

0
200

konsep-religius-mpls-smpn-1-gratiGempur News Com Pasuruan. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hari pertama di SMP Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan Senin (17/7) diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah Sugeng Prayogo MPd dengan pemasangan tanda peserta MPLS bagi peserta didik baru. Di hari pertama MPLS SMPN 1 Grati menggelar pesantren kilat bagi siswa baru. Dengan pemberian materi agama yang disampaikan oleh KH Rusnan dari rembang para peserta didik baru dibimbing dan dibekali materi agama.

Sugeng Prayogo MPd menuturkan MPLS yang berkonsep religius ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta peserta didik baru dibimbing agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam MPLS peserta didik baru juga dikenalkan prestasi SMPN 1 Grati sebagai sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional.

Bagi siswa baru memasuki jenjang pendidikan formal yang baru adalah suatu masa dimana mereka menempuh lingkungan dan dunia pendidikan yang baru. Mereka butuh pengenalan dan adaptasi terhadap lingkungan yang baru mereka masuki agar nantinya mereka bisa belajar dengan baik. Dengan konsep religius MPLS bukan hanya mencetak siswa-siswi berprestasi saja tetapi juga membentuk peserta didik baru yang berakhlakul karimah sehingga memiliki karakter dan kepribadian yang baik, memang MPLS tahun 2017 sudah didesain dengan mengedepankan konsep religius, ujar Sugeng.

konsep-religius-mpls-smpn-1-grati1

Selain itu MPLS peserta didik baru juga menerima materi yang terdiri dari materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dengan menghadirkan narasumber dari anggota polsek Grati, latihan baris-berbaris (LBB) yang pada kesempatan ini pihak sekolah bekerja sama dengan Polsek dan Koramil Grati, Materi Kesehatan dengan menggandeng Pukesmas kecamatan Grati,  Materi pengenalan lingkungan sekolah, sarana dan prasarana sekolah, macam-macam ektrakulikuler serta bakti sosial ke panti asuhan. (Hari)